Jadi Salah Satu Predator King Kobra, Ini 9 Fakta Tentang Burung Sekretaris

"Ini adalah beberapa fakta unik dari burung sekretaris, burung pemangsa yang cantik dan elegan."

Edukasi | 14 February 2023, 06:39
Jadi Salah Satu Predator King Kobra, Ini 9 Fakta Tentang Burung Sekretaris

TamanPendidikan.com - Salah satu burung yang juga menjadi musuh dari king kobra adalah burung sekretaris. Burung sekertaris adalah burung dari spesies burung pemangsa. Burung sekretaris ini memiliki penampilan yang sangat mempesona, dari atas hingga badan, warna dan paras burung ini sangatlah cantik. Burung sekretaris ini cukup terkenal di berbagai negara, khususnya benua Afrika.

Fakta tentang burung sekretaris sangat unik. Detail tubuhnya memang menyerupai aksesoris layaknya yang dipakai seorang sekertaris. Seperti bulu hitam yang ada di belakang kepalanya. Bulu tersebut nampak seperti aksesoris yang digunakan oleh sekertaris. Kemudian bulu berwarna abu-abu yang berada di bagian tubuh.
TamanPendidikan.com

pixabay.com

Untuk kamu yang penasaran dengan keunikan-keunikan lain yang dimiliki burung sekretaris, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Memiliki Bulu Mata Cantik
Unggas ini terlihat seolah memiliki bulu mata panjang yang indah. Ini sebenarnya adalah bulu yang dimodifikasi. Namun, pada dasarnya burung sekretaris memiliki jenis bulu mata yang sangat panjang. Bulu mata tumbuh ketika mereka berusia sekitar tiga minggu.

2. Asal-usul Nama Burng Sekretaris
Asal nama burung sekretaris adalah karena burung ini terlihat seperti sosok seorang sekretaris zaman dulu. Bulu-bulu hitam di belakang kepala burung sekretaris terlihat seperti bulu tambahan pada rambut. Selain itu, bulu abu-abu muda menyerupai jas dengan ekor yang panjang dan bulu hitam pada paha menyerupai celana breeches.

3. Burung Sekretaris Bisa terbang
Dari penampilannya yang tinggi, pasti banyak yang mengira burung sekretaris ini tidak bisa terbang. Padahal, burung sekretaris bisa terbang layaknya burung lain. Bentang kedua sayapnya bisa mencapai 2 meter.

4. Malas Untuk Terbang
Burung sekretaris lebih menyukai berjalan daripada terbang. Burung sekretaris rata-rata dapat berjalan kaki sekitar 20 hingga 30 km dalam sehari, dan menghabiskan sebagian besar waktunya di tanah.

5. Burung yang Pendiam
Ketika mereka memanggil burung lainnya, mereka biasanya memberikan raungan yang dalam dan rendah. Suara tersebut dapat didengar dalam jarak yang cukup jauh. Hal itulah yang membuat burung sekretaris disebut pendiam.

6. Suaranya Seperti Katak
Dari justbirding.com, panggilan mereka lebih seperti suara serak yang dalam dan lebih terdengar seperti katak daripada panggilan seekor burung. Panggilan yang dilakukan oleh burung  ini digunakan dalam proses mencari pasangan.
TamanPendidikan.com

pixabay.com

7. Setia Pada Pasangannya
Tak banyak hewan yang hanya kawin satu kali dalam seumur hidup, salah satunya adalah burung sekretaris ini. Dilansir justfunfacts.com, burung sekretaris bersifat monogami, yang artinya tidak akan berganti pasangan seumur hidupnya.

8. Burung yang Dilindungi
Burung sekretaris sudah menjadi hewan yang dilindungi, karena keberadaannya yang mulai terancam punah.

9. Burung Predator
Burung sekretaris juga menjadi salah satu burung pemangsa. Makanan utamanya adalah ular dilengkapi dengan biawak, belalang, tikus, ular, dan telur burung.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network