Benarkah Memelihara Kucing Dapat Mengusir Ular Kobra? Ini Penjelasannya

"Simak ulasan di bawah ini untuk tahu jawabannya."

Edukasi | 17 February 2023, 03:51
Benarkah Memelihara Kucing Dapat Mengusir Ular Kobra? Ini Penjelasannya

TamanPendidikan.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan orang Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang menyukai atau gemas dengan hewan ini.

Ada beberapa manfaat saat kita memelihara Kucing seperti menghilangkan stress, kesepian, punya teman ngobrol. Selain itu, ternyata memiliki Kucing di rumah dapat membantu kita mengusir ular Kobra, di mana itu adalah reptil yang berbahaya.

Apa Iya Kucing Dapat Mengusir Ular Kobra?
TamanPendidikan.com

Pixabay

Dilansir Antara, peneliti bidang Reptilia dari Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat (Sumbar) Fachrul Reza mengatakan, dengan memelihara kucing di sekitar rumah dapat mencegah ular masuk ke dalamnya.

Reza menyatakan bahwa untuk menakuti ular, Kucing menggunakan insting menangkapnya dan cakarnya yang tajam sebagai senjata. Menurutnya, secara rekfleks kucing dapat mengidentifikasi pergerakan benda hidup entah itu atau hewan yang mencurigakan saat masuk rumah.

Akan tetapi, tidak disarankan mengandalkan kucing sebagai cara untuk mengusir ular Kobra. Meskipun kucing kadang-kadang dapat mengejar dan menangkap ular kecil atau hewan pengerat, kucing biasanya tidak cukup kuat atau terlatih untuk mengatasi ular Kobra yang sangat berbahaya.

Lebih baik untuk mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah ular kobra masuk ke dalam rumah atau halaman. Beberapa cara untuk melindungi rumah dari ular kobra meliputi:

• Menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, termasuk menghilangkan tumpukan sampah dan material limbah yang dapat menjadi tempat persembunyian ular.

• Menutup celah-celah pada dinding atau pintu yang dapat menjadi pintu masuk bagi ular.

• Membuat pagar atau tembok sekitar rumah yang cukup tinggi untuk mencegah ular masuk.

• Memanggil profesional untuk menghilangkan ular jika terlihat di sekitar rumah.

Jadi, meskipun kucing dapat menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan, tidak disarankan mengandalkan mereka sebagai cara untuk mengatasi masalah kehadiran ular kobra. 

Tindakan pencegahan dan perhatian yang tepat harus diambil untuk melindungi diri sendiri dan rumah Anda dari bahaya yang ditimbulkan oleh ular kobra.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network