Kepalanya Digigit, Piton Ini Balas Belit Leher King Kobra di Selokan

"Baik itu piton, maupun raja kobra sama-sama berakhir dengan kematian. Piton mati karena terkena bisa raja kobra, sedangkan king kobra mati tercekik akibat lilitan dari piton yang begitu kuat."

Viral | 24 February 2023, 03:27
Kepalanya Digigit, Piton Ini Balas Belit Leher King Kobra di Selokan

TamanPendidikan.com - Seperti namanya, king kobra atau biasa juga disebut raja kobra merupakan jenis ular yang kerap disebut-sebut sebagai ular paling ganas dan mematikan. Hal ini karena ular ini memiliki bisa (racun) yang sangat mematikan. Apabila ada mangsa yang terkena gigitan ular king kobra dalam hitungan menit hingga jam, maka kondisi tubuh mangsanya tadi akan  melemah hingga berakhir tewas.

Berbeda kisah dengan king kobra, ternyata ada jenis ular lain yang cukup mematikan walaupun tidak berbisa. Itu adalah ular piton yang sering dijuluki sebagai ular terbesar dan terkuat di dunia setelah anaconda. Ular piton ini memiliki kemampuan untuk melilit mangsanya hingga lemas tak berdaya. Bahkan gigitannya pun cukup kuat dan sulit untuk dilepaskan.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@mamake5andra/video/7155273131802856730?_r=1&_t=8a5ul0N2wrZ

Seperti video yang diunggah oleh akun tiktok @dewifitriani18 beberapa waktu yang lalu. Dalam video tersebut terlihat kejadian yang sangat menegangkan. Di mana sebuah pertarungan sengit antara king kobra yang berukuran sangat besar dengan panjang 4 meter versus ular piton yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 2 meter terjadi di tepi gorong-gorong air sebuah perumahan. Kedua ular itu pun saling serang dan mengeluarkan jurus pamungkasnya masing-masing.

Terlihat sang raja kobra menggigit kepala piton karena sangat lapar. Merasa terancam, sang piton pun langsung menyerang balik dengan melilit kepala dan leher ular king kobra yang usil tersebut. Kejadian itu pun menjadi daya tarik bagi sebagian warga setempat sehingga banyak warga yang berdatangan untuk menyaksikan pertarungan antara ular king kobra dan piton tersebut. Keduanya pun tak mau mengalah, sama-sama mempertahankan dirinya untuk bisa bertahan hidup.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@mamake5andra/video/7155273131802856730?_r=1&_t=8a5ul0N2wrZ

Tak berselang lama, video itu pun berakhir tanpa tahu siapa yang menjadi pemenangnya. Namun, kalau menilai pertarungan itu dari segi ukuran tubuh, maka sang raja kobralah yang memenangkannya. Selain memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, king kobra dalam video juga memiliki bisa (racun) yang kemungkinan besar dapat melumpuhkan sang piton.

Meskipun begitu, kesempatan sang piton untuk menang dari king cobra juga masih berpeluang tinggi. Sebab, dalam video telihat kalau kepala dan leher kobra benar-benar dililit dengan kuat oleh piton yang berada di gorong-gorong air. Kalau misalkan tadi king kobra belum menyemburkan bisa (racun) kepada piton, maka bisa jadi piton yang akan memenangkan pertarungan itu. 
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@mamake5andra/video/7155273131802856730?_r=1&_t=8a5ul0N2wrZ

Melansir dari laman IDNTimes.com, sebenarnya pertarungan king kobra dan piton itu sangat jarang terjadi mengingat keduanya memiliki habitat dan mangsa favorit yang berbeda. Piton biasanya lebih suka memangsa mamalia, sedangkan king kobra lebih senang memangsa ular lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil karena ia memang seekor ular yang kanibal.

Namun, jika memang ular piton dan raja kobra saling bertemu dan nekat untuk terlibat dalam sebuah pertarungan, maka pertarungan keduanya pun akan berakhir imbang. Faktanya, dalam beberapa pertemuan mereka yang tidak sengaja tertangkap kamera, memang selalu berakhir imbang, seperti yang terjadi dalam video.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@mamake5andra/video/7155273131802856730?_r=1&_t=8a5ul0N2wrZ

Laman sains National Geographic pernah mengulas tentang pertarungan kedua spesies predator ini. Baik itu piton, maupun raja kobra sama-sama berakhir dengan kematian. Piton mati karena terkena bisa raja kobra, sedangkan king kobra mati tercekik akibat lilitan dari piton yang begitu kuat.

@mamake5andra

king cobra vs piton

♬ suara asli - dewifitriani531 - Dewi fitriani18


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network