Pria Ini Tangkap Katak Raksasa di Sungai, Warganet Malah Pengen Menyantapnya

"Warganet Instagram banyak yang merasa terkejut sekaligus takjub saat melihat ukuran katak yang super besar itu."

Viral | 01 March 2023, 03:20
Pria Ini Tangkap Katak Raksasa di Sungai, Warganet Malah Pengen Menyantapnya

TamanPendidikan.com - Viral sebuah video di instagram yang mempertunjukkan seekor katak berukuran super raksasa berhasil ditangkap di tepi sungai. Video yang diunggah oleh akun instagram @official.jack_utaramai itu pun berhasil menarik perhatian warganet yang menyaksikannya.

Dalam video singkat itu terlihat seorang pemuda yang mengenakan kaos hitam tengah mengangkat seekor katak hasil tangkapannya tersebut. Katak itu berukuran super besar, bahkan hampir berukuran dua kali telapak tangan pemuda tersebut. Pemuda dalam video itu pun terlihat sangat kegirangan ketika membopong sang katak. Dengan penuh kebanggaan, pemuda itu langsung mengabadikan momen langka tersebut dan membagikannya ke akun media sosial miliknya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Co8j556rY_H/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Warganet Instagram banyak yang merasa terkejut sekaligus takjub saat melihat ukuran katak yang super besar itu. Hal ini karena, katak yang sering dijumpai di areal sungai, persawahan, kebun, maupun dekat rumah biasanya memiliki ukuran yang kecil dan mungil dengan diameter tubuh hanya sekitar 6 cm. Berbeda dengan katak yang disorot dalam video itu. Kalau diperkirakan, mungkin katak itu memiliki panjang tubuh sekitar 40 cm dengan bobot 0,3 kilogram alias 300 gram.

Sepertinya, katak di dalam video itu adalah katak dari spesies Goliath Frog. Seperti yang disebutkan oleh laman Kominfo.com, bahwa saat ini katak terbesar di dunia yang masih hidup adalah jenis Goliath Frog dengan berat mencapai 7 pon atau 700 gram. Namun, umumnya katak jenis bullfrog berat maksimal hanya mencapai 1,5 pon atau 150 gram.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Co8j556rY_H/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Sebagai tambahan informasi, Katak goliath seringkali ditemukan di atau dekat sungai dan air terjun yang mengalir deras, seperti halnya dalam video itu. Kadang, katak goliath juga terdapat di hutan hujan yang lebat, lembap, dan bersuhu relatif tinggi. Katak goliath cenderung menyukai habitat yang airnya bersih, kaya oksigen, sedikit asam, dan biasanya sekitar 19 derajat Celsius. Salah satu faktor mengapa mereka tinggal tinggal di daerah air terjun karena katak goliath merupakan spesies yang pilih-pilih makanan. Kehadiran makanan menentukan lokasi katak goliath tinggal dan berkembang biak.

Warganet pun langsung menyerbu kolom komentar video tersebut dengan berbagai macam tanggapannya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Co8j556rY_H/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Enak banget dimasak dagingnya tebel," tulis akun @firylz.

"Goreng tepung," balas akun @a.tino_sitorus.

"Emang paling seru nangkep katak ini di sawah kalo musim ujan. Di kampungku namanya suike, sering dimakan juga. Tapi yang doyan aja" timpal akun @anim94357.

Sedikit keluar topik, nyatanya ada pula warganet yang berkomentar dengan mengaitkan katak milik Jiraiya di kartun Naruto.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/Co8j556rY_H/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Gamabunta," ujar akun @wiradinatafebrizal.

"Jiraiya pun sungkem liat peliharaannya dipegang orang lain," balas akun @xdickscovers13_


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network