Kepalanya Dipegang, Ular Kobra Ini Semburkan Bisa yang Nyaris Kena Mata

"Melalui video itu pula, warganet dapat melihat dengan jelas detik-detik semburan bisa ular kobra hampir mengenai mata seorang pria yang merupakan si perekam video."

Viral | 09 March 2023, 03:36
Kepalanya Dipegang, Ular Kobra Ini Semburkan Bisa yang Nyaris Kena Mata

TamanPendidikan.com - Sudah menjadi rahasia umum kalau ular kobra itu dianugerahi kemampuan untuk melindungi diri berupa bisa (racun) yang dapat disemburkan saat mereka merasa terganggu dan terdesak. Seekor ular kobra itu mampu menyemburkan bisa (racun) dalam jumlah yang cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ular berbisa lainnya.

Seperti yang terlihat dalam sebuah video singkat unggahan akun @rkkoficial3417 pada media sosial Youtube Short, terpampang nyata kalau kobra dapat menyemburkan bisa (racun) sekalipun ia tidak sedang menggigit. Melalui video itu pula, warganet dapat melihat dengan jelas detik-detik semburan bisa ular kobra hampir mengenai mata seorang pria yang merupakan si perekam video.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/qOSVwd9CqIc

Bermula ketika video singkat itu menyoroti keberadaan seekor ular kobra yang berukuran tidak terlalu besar sedang dipegang oleh seorang pria. Diduga ia adalah seorang pawang ular karena genggaman tangannya saat memegang kepala dan ekor ular itu terlihat begitu luwes tanpa ada keraguan sedikitpun.

Untuk mendokumentasikan momen itu, sang perekam video tampak mendekati sang kobra agar video yang diperoleh dapat lebih jelas. Namun, bukannya mendapatkan gambar rekaman video bagus, ia malah mendapatkan kejutan berupa semburan bisa (racun) yang hampir mengenai matanya. Beruntung, sang perekam video itu cukup gesit dalam menghindar dari semburan sang raja kobra.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/qOSVwd9CqIc

Sebagaimana sudah diketahui, kobra itu memiliki bisa (racun) di dalam tubuhnya. Bisa itu merupakan salah satu alat perlindungan diri yang dapat digunakan untuk menyerang ataupun melumpuhkan musuhnya. Mungkin, saat sang perekam video tadi mendekat, sang kobra merasa kalau ia terganggu dan terdesak, hingga ia tanpa sadar berusaha melindungi diri dengan menyemburkan bisa itu ke arah lawan, dalam hal ini adalah kepada sang perekam video.

Melansir dari laman Detik.com, ternyata memang bisa (racun) ular kobra itu tidak hanya dapat disebarkan lewat gigitan, tapi juga semburannya yang sudah pasti tak kalah berbahaya jika mengenai organ tubuh yang terbuka. Lalu, jika semburan bisa itu tanpa sengaja mengenai mata, maka apa yang harus dilakukan?
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/qOSVwd9CqIc

Jawabannya adalah jangan sekalipun mengucek atau menggosok mata itu. Sebab, saat mata tersembur bisa ular lalu malah dikucek, hal itulah yang akan menyebabkan luka pada mata, sehingga bisa (racun) ular itu malah masuk ke dalam luka.

Adapun langkah yang benar dan dapat dilakukan adalah dengan memiringkan kepala ke arah mata yang terkena semburan. Misalnya, mata sebelah kiri yang tersembur, maka miringkan ke kiri begitupun sebaliknya. Setelah itu, siramkan air bersih ke arah mata. Itu biasa disebut sebagai teknik irigasi.
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/qOSVwd9CqIc

Jadi setelah kepala dimiringkan ke arah bagian mata yang tersembur, air harus dialirkan secara perlahan sebanyak 2-7 liter. Tujuannya adalah agar bisa (racun) itu dapat keluar dari mata
TamanPendidikan.com

https://www.youtube.com/shorts/qOSVwd9CqIc

Efeknya mungkin akan terasa berlendir saat bisa (racun) itu keluar dari mata. Dan setelahnya, mungkin mata akan terasa berat atau lengket seperti orang bangun tidur. Efek itu dapat berlangsung cukup lama, bahkan hingga beberapa hari. Intinya, selama mata yang terkena semburan tidak mendapat penanganan yang berlebihan dan tidak dikucek itu akan aman saja.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network