Penasaran, Pria Ini Hitung Jumlah Kaki pada Hewan Kaki Seribu Secara Manual

"Tindakan pria dalam video yang nekat menghitung jumlah kaki luwing atau hewan kaki seribu itu pun sukses menuai komentar warganet Instagram."

Viral | 14 March 2023, 03:13
Penasaran, Pria Ini Hitung Jumlah Kaki pada Hewan Kaki Seribu Secara Manual

TamanPendidikan.com - Apakah benar seekor luwing alias hewan kaki seribu memang memiliki kaki yang berjumlah seribu? Berangkat dari rasa ingin tahunya itu, dua orang pria di balik akun @jowongawur_ berusaha menjawab kekepoannya dengan menghitung jumlah kaki luwing secara manual.

Mulanya, video viral itu menyoroti seekor luwing alias hewan kaki seribu yang sedang berusaha melarikan diri setelah tertangkap oleh kedua pria itu. Namun, aksi sang luwing gagal dan malah berujung membuat pria dalam video itu lebih bersemangat untuk menghitung jumlah kakinya. Percobaan pertama dalam menghitung kaki luwing dilakukan dengan bantuan colokan atau kaki charger handphone. Akan tetapi, aksi itu berujung gagal karena ukuran kaki charger ternyata jauh lebih besar dibandingakan ukuran kaki luwing.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CppoTTpj88z/

Tak menyerah, kedua pria dalam video itu mencoba untuk menghitung kembali kaki sang luwing dengan bantuan kukunya yang panjang. Namun sayangnya baru sampai hitungan ke sepuluh, video sudah berakhir. Jadi warganet juga masih digantung dengan hasil akhir perhitungan kedua pria dalam video itu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CppoTTpj88z/

Tindakan pria dalam video yang nekat menghitung jumlah kaki luwing atau hewan kaki seribu itu pun sukses menuai komentar warganet Instagram. Sebagian besar warganet menilai aksi penghitungan kaki luwing itu merupakan bukti kalau pria dalam video tidak ada kerjaan alias sedang menganggur. 

"Ngene kan enek kerjaan, timbang nganggur… (begini kan ada kerjaan daripada menganggur)," kata akun @a9u5_27 menanggapi aksi nyeleneh yang dilakukan dalam video.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CppoTTpj88z/

"Kurang pengawean ngitung sikile ulet ulet tuwe 😂 (kurang kerjaan menghitung kaki ulat tuwe/luwing)," komentar akun @rizky_dyl4.

"Sikile akeh tpi rk biso mlayu banter (kakinya banyak tapi tidak bisa lari cepat)," ujar akun @maulanajoko341 yang keheranan dengan perilaku "lambat” dari seekor luwing.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CppoTTpj88z/

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata hewan berjuluk kaki seribu itu tidak benar-benar berkaki seribu. Seperti yang tercantum dalam laman Detik.com, sebenarnya seekor kaki seribu atau luwing hanya memiliki kaki rata-rata berjumlah 200 di kanan dan kirinya. Kaki itu mengelilingi tubuh dari sisi setelah kepala hingga ujung ekor. Fakta menariknya, kaki berjumlah banyak itu bermanfaat bagi kaki seribu sebagai alat untuk membantu mereka menerobos lapisan tanah. Sebab, kaki seribu adalah pemakan daun-daun yang terkubur jauh di bawah tanah.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CppoTTpj88z/

Meskipun begitu, pada tahun pada tahun 2021 pernah dilaporkan ada penemuan satu spesies kaki seribu yang benar-benar memiliki kaki berjumlah seribu. Menurut situs Science.org, spesies itu ditemukan di Australia sebanyak delapan ekor. Mereka memiliki panjang 10 cm dan lebar hanya 1 Cm. Walaupun lebih tipis dari kaki seribu kebanyakan, jumlah kaki mereka jauh lebih banyak.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network