Durian Merah Khas Kalimantan Ini Bak Rambutan Raksasa, Bikin Penasaran Rasanya

"Beberapa sumber mengatakan kalau buah endemik kalimantan ini sudah mulai langka yang diakibatkan oleh penebangan liar yang terjadi di Kalimantan."

Viral | 15 March 2023, 07:44
Durian Merah Khas Kalimantan Ini Bak Rambutan Raksasa, Bikin Penasaran Rasanya

TamanPendidikan.com - Buah durian merupakan merupakan salah satu buah populer, karena bentuknya yang unik dan aromanya yang khas. Buah ini memiliki daging buah yang tebal dengan rasa yang manis sehingga membuat durian menduduki tahta sebagai buah favorit banyak orang. Maka wajar saja ia mendapat gelar sebagai 'raja buah' atau 'king of fruit'.

Mengutip dari laman Tempo.co, buah khas Asia Tenggara ini memiliki julukan sebagai raja buah karena bentuknya yang khas (besar) dan kaya rasa. Durian juga dikenal sebagai buah paling bau di dunia karena baunya yang khas sehingga beberapa orang yang tidak familiar dengan bau durian enggan mencium baunya, bahkan memakannya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CoWXCxgJwUF/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Sebagaimana diketahui, umumnya durian memiliki kulit buah dengan duri berwarna kuning kehijauan. Namun, tidak seperti durian pada umumnya yang berkulit kuning kehijauan ketika matang, durian yang belum lama ini viral di jagad media sosial malah tampak mirip dengan rambutan karena warna kulit buahnya yang merah. Video durian merah ini diunggah oleh salah satu pemilik akun instagram bernama @minanglipp.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CoWXCxgJwUF/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Memang sepintas durian ini terlihat mirip sekali dengan rambutan. Akan tetapi setelah seseorang yang tidak terlihat wajahnya itu membelah buah itu menggunakan pisau dan kedua tangannya, barulah terlihat sekat yang memisahkan isi beberapa buah. Berbeda dengan rambutan yang di dalamnya tidak memiliki sekat, buah di dalam video sangat jelas menunjukkan kalau itu adalah durian. Meskipun begitu, banyak warganet yang sempat mengira buah itu adalah rambutan, "ko mirip rambutan, gua kira itu rambutan😭," tulis akun @theonlycipung.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CoWXCxgJwUF/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Menurut keterangan dari salah satu dari warganet, buah durian tersebut merupakan buah endemik kalimantan yang bernama lahung. "Ini buah kalimantan namanya lahung," ujar @ayumentari77. Dilansir dari beberapa sumber buah lahung ini memiliki aroma yang sangat menyengat. Daging buah durian khas kalimantan ini berwarna kuning cerah hingga agak jingga dengan rasa yang manis. Buah lahung ini lebih legit dan baunya lebih tajam dari durian biasa.

Video yang berdurasi cukup lama ini, menuai beberapa komentar dari warganet. Banyak dari warganet yang menyoroti durasi saat membuka buah lahung itu. Mereka merasa kesal karena proses membuka buah lahung yang relatif lama. Terlihat orang tersebut merasa kesulitan saat membuka buah lahung. Meskipun sudah menggunakan pisau, namun tidak berfungsi dengan baik. Berikut ini komentar dari warganet yang merasa emosi dan kesal dengan durasi video tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CoWXCxgJwUF/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Moon maaf kesabaran ku setipis tisu jd ngak bisa liat yg beginian 😭 pen ta balik tu parang ke jidatnya yg bukaaaaaa aaaarrrrgh gregettt," ujar akun @neu_l_nuraeni.

"Aku orngnya emosian loh bang...knapa abang buka nya bgtu lama😭😭...buka buah lahung (layung) itu gk sulit.. tidak seperti dlam vidio ini.. slam tabe dari kalimantan timur..," tutur akun @pebriyanto39.

"Astaghfirullah.... Lama bngt buka nya anjjjj.... Aaarrrhhhh.....🤬🤬🤬," komentar akun @just_goodfay.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CoWXCxgJwUF/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Beberapa sumber mengatakan kalau buah endemik kalimantan ini sudah mulai langka yang diakibatkan oleh penebangan liar yang terjadi di Kalimantan. Dengan meningkatnya kerusakan hutan dari tahun ke tahun hingga saat ini buah lahung ini dapat mengalami kepunahan, bukan kelangkaan lagi. Hal ini yang membuat beberapa pecinta buah lahung ini khawatir. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network