Kemping, Tenda Pria Ini Dimasuki Hewan Aneh Yang Disebut Opet Hingga Tikus Hutan

""Ini hewan langka namanya OPET. Kamu ni ape?," ujar akun @zidathe yang langsung menduga kalau hewan dalam video adalah seekor opet yang ramai menjadi sorotan dalam serial UPIN & IPIN asal Malaysia."

Viral | 27 March 2023, 09:46
Kemping, Tenda Pria Ini Dimasuki Hewan Aneh Yang Disebut Opet Hingga Tikus Hutan

TamanPendidikan.com - Sebuah video unggahan @exploregunung_ baru-baru ini sukses menjadi kontroversi di jagat maya Instagram. Warganet pun terlihat saling berdebat di kolom komentar hanya untuk menebak hewan apakah yang ada di dalam video. Padahal, video singkat itu hanya menampilkan sebuah pengalaman kemping yang dialami seorang pria saat tendanya dimasuki seekor hewan aneh yang konon katanya adalah seekor 'opet' seperti yang ada di serial kartun Upin & Ipin.

Mulanya, hewan berambut hitam mengkilap itu duduk membelakangi sang perekam video yang mengakibatkan warganet hanya dapat melihat bagian punggung dan kaki sang hewan. Lalu, saat punggung hewan itu ditabok oleh pria dalam video, barulah terlihat sekilas wajah dari hewan itu. Karena terlihat samar-samar, warganet pun jadi memperdebatkan sebenarnya hewan apakah yang tampak dalam video?
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqC4ZKlj5k3/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Babi ke tu," tanya akun @khdir_99 dengan logat Melayu.

"Ini hewan langka namanya OPET. Kamu ni ape?,"
ujar akun @zidathe yang langsung menduga kalau hewan dalam video adalah seekor opet yang ramai menjadi sorotan dalam serial UPIN & IPIN asal Malaysia. 

"Opet ini yang di film UPIN IPIN, sudah langka dan banyak diincar pemburu liar.. Ternyata masih ada di dunia nyata,"
komentar akun @siskadesyariyanti yang mendukung kalau hewan dalam video memang benar seekor opet.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqC4ZKlj5k3/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Meskipun sebagian besar warganet sepakat kalau hewan dalam video adalah seekor opet, tetapi sebagian lainnya masih memperdebatkan kalau hewan itu bukan opet.

"Beruang tanah itu," kata akun @ahmdrivldi_.

"Musang king kah," tulis akun @aksnysm.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqC4ZKlj5k3/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Itu hewan yang biasa ditemukan di daerah Sulawesi di dataran tinggi namanya Mus-mus," komentar akun @faisalrahn menambahkan informasi.

"Tikus hutan itu, harganya lumayan tergantung beratnya. 1 kg 2,5 juta. Kenapa mahal… Karena buat obat. Lumayan langka itu,"  seseorang di balik akun @andisucipto66 memiliki pendapat yang berbeda. 
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqC4ZKlj5k3/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, kemungkinan hewan dalam video adalah seekor pika (pica) salah satu anggota keluarga kelinci-kelincian. Beberapa sumber memang tidak menyebutkannya secara gamblang, tetapi kalau dari penampilan fisik hewan dalam video itu paling mirip dengan pika alih-alih beruang tanah, musang king, mus-mus, atau tikus hutan.

Dikutip dari laman Wikipedia.com, pika ini merupakan mamalia penghuni gunung kecil yang ditemukan di Asia dan Amerika Utara. Ciri khas dari pika ini yaitu memiliki bentuk anggota tubuh yang cenderung pendek (kaki, telinga, dll), tubuh yang bulat, bulu (rambut) yang rata, serta tidak terlihat keberadaan ekor dari luar tubuhnya.  Sekilas, pika ini tampak menyerupai kelinci tetapi bedanya pika memiliki telinga bulat pendek, tidak seperti telinga kebanyakan kelinci yang panjang. Persis seperti yang tampak dalam video.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqC4ZKlj5k3/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Pika dilaporkan lebih suka hidup di lereng berbatu dan berumput. Nama "pika" pun diduga berasal dari bahasa Tungus dengan nama ilmiah Ochotona. Sedikit tambahan informasi kalau nama itu digunakan untuk setiap anggota Ochotonidae, yaitu keluarga Lagomorpha yang mencakup Leporidae (trewelu dan kelinci). 

Kembali ke video viral itu, di mana ternyata ada sebuah fakta mengejutkan yang terkuak melalui laman Buku-upinipin.blogspot.com, bahwa opet adalah semacam hewan tapi nyatanya ia bukan hewan. Sebab, opet itu sejatinya hanyalah makhluk imajiner (khayalan) pemakan Durian yang diciptakan oleh sang pengarang kartun UPIN & IPIN. Jadi, keberadaan opet hanya akan ditemukan jika berada di hutan belakang perkampungan Upin & Ipin.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network