Garangan Incar King Kobra ini Sungguh Berani

"Seekor garangan mengusik seekor king kobra yang bergelantungan di dahan."

Viral | 28 March 2023, 04:29
Garangan Incar King Kobra ini Sungguh Berani

TamanPendidikan.com - Seekor garangan mengusik seekor king kobra yang bergelantungan di dahan. Garangan tersebut dengan agresif menyerang ular berbisa mematikan.

Video garangan incar ular King Kobra ini diunggah oleh akun @hkentertainment0 di Instagram. Garangan adalah sejenis karnivora kecil dari anggota suku Herpestidae. Ia tersebar luas di Asia Tenggara dan Selatan, salah satunya di Indonesia. Dalam bahasa Inggris, seekor garangan dikenal juga sebagai sebagai mongoose. Garangan senang memangsa tikus dan ular.

https://www.instagram.com/hkentertainment0/

Di awal mula video terekam seekor ular king kobra merayap di atas batang pohon. Namun ternyata, di bawah pohon ada seekor garangan atau mongoose yang sedang mengincarnya. Garangan mengambil ancang-ancang dengan berdiri lalu melompat ke dahan tempat ular merayap.

Bukannya takut dengan gigitan serta bisa atau racun yang dihasilkan oleh king kobra, garangan menggigit kepala king kobra. Bahkan saat ada perlawanan dari king kobra, garangan dalam video itu malah dengan santai menyeret sang ular.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/hkentertainment0/

Ternyata, garangan atau mongoose itu berani mengusik sang raja kobra karena ia kebal terhadap bisa ular. Laman IDNTimes.com menyebut kalau garangan atau mongoose tidak akan segan-segan berkelahi dengan ular berbisa, seperti ular king kobra. Garangan atau mongoose itu cukup berani untuk terlibat dalam perkelahian dan bahkan memakan ular setelahnya karena mereka tahu bahwa mereka tidak akan terbunuh oleh gigitan ular.

Menurut laman National Geographic, mongoose kebal terhadap bisa ular karena memiliki sel tubuh yang bermutasi menghalangi neurotoksin (toksin atau racun yang menyerang saraf tubuh) memasuki aliran darah mereka. Hal itulah yang akhirnya  membuat mereka mampu bertahan dari gigitan ular berbisa yang mematikan. Bahkan, mongoose disebut-sebut merupakan hewan yang paling ditakuti oleh ular.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network