Food Vlogger Pantura Review Makanan Rumbah Ini Sukses Bikin Ngakak

"Seorang vlogger asal Pantura mencuri perhatian warganet karena meriew kuliner tradisional setempat."

Viral | 30 March 2023, 03:37
Food Vlogger Pantura Review Makanan Rumbah Ini Sukses Bikin Ngakak

TamanPendidikan.com - Seorang vlogger asal Pantura mencuri perhatian warganet karena meriew kuliner tradisional setempat. Ia mengulas makanan rumbah dengan penggunaan bahasa yang bercampur-campur. Warganet pun dibuat ngakak saat menyaksikan video yang berujung viral itu.

Video food vlogger asal Pantura itu diunggah oleh akun @dausterus. Food vlogger ini menggunakan bahasa daerah bercampur bahasa asing saat menjelaskan tentang makanan rumbah.

“Pedagang baik lagi misahna (memisahkan) kangkung sing (yang) lagi konflik. Rumbah iku ana 2 (rumbah itu ada 2), ana (ada) rumbah kangkung ana (ada) rumbah semanggen. Campurane always toge (campurannya selalu toge)”, cerita sang pengisi video.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/dausterus/

“Nah, kiye pedagange lagi ngaduk perasaan (ini pedagangnya lagi mengaduk perasaan). Rumbah ora afdol ora bakal sambel (rumbah tidak afdol kalau tidak pakai sambal). Sambel gah ana 2 (sambalnya ada 2), ana sambel biasa ana sambel terasi (ada sambal biasa ada sambal terasi). Sira (kamu) tim rumbah kangkung? Apa semanggen? Lan sambele apa (dan sambalnya apa)?”, imbuh sang pengisi suara mengkhiri narasi videonya. 

Sebagian besar orang mungkin akan merasa asing dengan istilah rumbah yang digunakan oleh vlogger asal Pantura itu. Namun ternyata, rumbah yang sedari tadi disebut berulang kali oleh sang vlogger maksudnya adalah urab atau pecel.

Dalam laman Warisan Budaya Tak Benda Kemendikbud RI, disebutkan bahwa rumbah merupakan nama lain dari urab, pecel atau rujak. Di Indramayu, rumbah adalah sayuran yang sudah direbus, kemudian dilumuri dengan sambal asam, bisa ditambah dengan lontong, mi, ataupun kerupuk melarat khas Cirebonan. Fakta menariknya, rumbah ini hanya ada di Kabupaten Indramayu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/dausterus/

Rumbah sendiri berisi sayur-sayuran yang disiram dengan sambal kacang. Umumnya, sayur-sayuran yang terdapat dalam rumbah yaitu kangkung, taoge, mentimun dan kol, persis seperti yang disebutkan dalam video. Namun tak jarang, beberapa pedagang mengkreasikan rumah dengan berbagai sayuran lain. Sayur-sayuran itu nantinya akan dikukus terkebih dahulu sebelum olah menjadi sajian rumbah.

Setelah sayuran yang dikukus matang. Langkah selanjutnya menyiapkan sambal kacang. Sambal kacang yang terdapat dlalam rumbah tidak jauh berbeda dengan sambal kacang pada urab atau pecel biasanya.Namun, agar menambah cita rasa segar, sambal kacang pada rumbah diberi sedikit asam. 

Sensasi sedikit asam inilah yang membuat rasa rumbah semakin nikmat. Adapun sambal terasi yang disebutkan dalam video, itu juga merupakan inovasi atau kreasi dari rumbah yang dilakukan oleh sang penjual. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network