Meski Sederhana, Dapur Ini Tampak Bersih Hingga disebut Bak Masjid

"Ruang dapur rumah adat Jawa yang bersih dan rapi ini bikin heran"

Viral | 30 March 2023, 03:49
Meski Sederhana, Dapur Ini Tampak Bersih Hingga disebut Bak Masjid

TamanPendidikan.com - Banyak orang beranggapan bahwa keadaan rumah adalah cerminan dari kepribadian pemiliknya. Tak harus mewah, sederhana pun jika suasana rumah bersih dan rapi maka tamu yang datang akan berpikir jika pemiliknya adalah orang yang rajin. Apalagi jika tempat yang paling terdalam juga memiliki kondisi yang tak kalah rapi, seperti halnya dapur yang rapi.

Ruang dapur yang bersih dan rapi unggahan video @timelinejowo ini mencuri perhatian. Dapur yang bangunananya bagian dari rumah tradisional Jawa Tengah ini nampak kinclong.

Meski dapur itu tersebut terlihat sederhana, namun isi dalamnya sangatlah bersih. Bahkan lantainya pun sangat mengkilap bersih bak ubin masjid. Hingga terdengar suara perekam yang bertanya kepada ibunya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/timelinejowo/

“owalah bu, iki omah opo masjid sih buk? (ya ampun bu, ini rumah atau masjid sih bu?)”. Video ini direkam oleh anak pemilik rumah, kemudian dibagikan ulang oleh akun @timelinejowo.

Penampakan area dapur dalam video tersebut memang tampak begitu bersih dan tertata rapi. Padahal, dapurnya itu memiliki desain yang sederhana. Dindingnya pun masih memakai kayu, begitu pula dengan kusen pintu dan jendelanya. Tak hanya itu, lantainya juga terbuat dari campuran semen portland dan pasir atau yang biasa disebut lantai plester.

Kesederhanaan dapur ini juga ditambah dengan tungku untuk memasak menggunakan kayu. Tungku kayu itu berada di tengah-tengah ruangan. Dari sisi atap, terlihat dapur itu hanya dilingkupi oleh seng dan asbes yang disangga dengan kerangka kayu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/timelinejowo/

Menariknya, penataan barang-barang dan perabotan di dapur sederhana ini juga tampak sangat ringkas dan rapi. Tidak ada satupun barang yang terlihat berceceran. Rak piring, meja makan, serta berbagai macam lemari berukuran kecil dan besar tertata rapi di sepanjang dinding kayu dapur tersebut. Kayu bakar yang digunakan pun terlihat rapi tidak berserakan atau bahkan memberi kesan kumuh di lantai.

Unggahan tersebut membuat warganet salah fokus dengan lantainya yang bersih mengkilap. Mereka pun penasaran bagaimana bisa lantai plester itu sangat kinclong.

Salfok sama lantainya, itu di plester atau apa ya? Bisa mengkilap gitu,” tulis akun @lindaputrii_k

Rumahku yang utama masih lantai cor yang satu sudah keramik tapi cornya tidak bisa semengkilat itu. Kalau ada yang tahu bersihinnya pakai apa kak?” tulis akun @storecorner5.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/timelinejowo/

Salah satu warganet menjelaskan bahwa cara membersihkan lantai plester itu menggunakan ampas kelapa.

Ngepelnya pake ampas kelapa,” jawab akun @adcha.adcha99.

Cara membersihkan lantai menggunakan ampas kelapa ini memang sudah ada sejak lama. Cara ini dianggap sudah kuno namun tidak memerlukan bahan kimia layaknya menggunakan pembersih lantai yang ada di pasaran.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network