Sedang Berteduh, Pria Ini Bingung Karena Lihat Durian Jatuh di Pekarangan Warga

"Seorang pria menumpang berteduh di beranda rumah warga."

Viral | 03 April 2023, 08:30
Sedang Berteduh, Pria Ini Bingung Karena Lihat Durian Jatuh di Pekarangan Warga

TamanPendidikan.com - Seorang pria menumpang berteduh di beranda rumah warga. Di samping rumah itu, terpelihara kebun yang ditumbuhi pohon durian.

Di momen itu, pria yang berteduh itu melihat durian jatuh di kebun. Ia pun lantas alami kebingungan.

Kebinguan yang dialami pria tersebut, ia rekam dalam bentuk video. Curhatan pria tersebut tersebar luas dan diunggah oleh akun @guyonan.jowo.koplak di Instagram.


TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/guyonan.jowo.koplak/

“Nyuwun solusi, kudu piye (minta solusi, harus bagaimana)”, tulis keterangan sang pengunggah video pada kolom caption yang langsung ditanggapi oleh banyak warganet.

Jupuk wae wong nemu ora nyolong trs didol keno gawe tuku mantol😂”, ujar akun @poetranoegroho1 yang menilai buah jatuh itu tidak berarti mencuri. Jadi diambil saja dan dijual lalu uang yang diperoleh digunakan untuk membeli mantel sehingga ia tidak harus meneduh lagi dan bisa melanjutkan perjalanan.

Carilah plastik terdekat jika sudah dapat bersiap lihat kanan-kiri, jika tidak ada yang melihat atau mengintai, bergegaslah ambil secukupnya tetapi jika banyak panggil saja teman untuk membantu mencari dosa bersama-sama..”, komentar akun @ahmaddanu321. 

Berbeda dengan dua komentar sebelumnya, seorang warganet mengingatkan kalau sebaiknya kita tidak mengambil yang bukan hak kita.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/guyonan.jowo.koplak/

Jangan sedikitpun kita makan dari apa yang bukan hak kita, jika mau lebih baik minta saja kepada pemiliknya”, tulis akun @senopati_ajie.

Solusi: diambil terus dibawa ke yang punya terus ngomong: Pak/Bu durennya jatuh, kebetulan saya lihat, boleh buat saya Pak/Bu?”, akun @devriansrv memberi saran solusi.

Dikutip dari laman Bincangsyariah.com, mengambil buah yang jatuh dari pohon milik orang lain, baik untuk dimakan atau dijual, hukumnya boleh dan halal jika kita yakin bahwa pemiliknya sudah tidak memperdulikan lagi, atau diketahui bahwa pemiliknya sudah rida dan rela, dan atau sudah menjadi kebiasaan masyarakat bahwa jika ada buah jatuh dari pohon, maka boleh diambil oleh siapa pun.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/guyonan.jowo.koplak/

Namun, jika sebaliknya, yaitu diyakini bahwa pemiliknya tidak rela, atau dalam masyarakat tidak ada kebiasaan mengambil buah yang jatuh, atau buah yang jatuh masih di area dalam pagar pohon tersebut, maka tidak boleh mengambil buah tersebut. 

Maka dapat disimpulkan kalau buah durian dalam video sebaiknya dibiarkan saja dan jangan diambil. Mengingat, buah itu sudah diberi tali rafia oleh pemiliknya yang menandakan kalau sang pemilik memang menanti buah itu untuk matang. Selain itu, posisi jatuhnya yang masih di area pekarangan juga membuat buah itu terikat hukum untuk tidak boleh diambil tanpa seizin dari pemiliknya.  


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network