Penampakan Cicak Transparan Ini Viral Karena Disebut Sebagai Sihir Kiriman

"Beberapa warganet percaya kalau cicak transparan merupakan 'kiriman sihir', dari seseorang untuk menguping aktivitas sang pemilik rumah seperti yang diungkapkan oleh wanita dalam video."

Viral | 28 April 2023, 02:55
Penampakan Cicak Transparan Ini Viral Karena Disebut Sebagai Sihir Kiriman

TamanPendidikan.com - Belum lama ini, sebuah video singkat unggahan @mhmedhk di akun TikToknya viral yang kemudian diunggah ulang oleh akun @dekokamar sehingga sukses menuai banyak kontroversi dari warganet yang menyaksikannya. Seekor cicak transparan yang ditemukan di dalam kamar mandi jelas sukses menarik perhatian warganet untuk ikut berkomentar.

Indonesia sendiri sebagai negara yang masih kental dengan kepercayaan mistis dan spiritual jelas melahirkan beberapa warganet yang percaya kalau cicak transparan merupakan 'kiriman sihir', dari seseorang untuk menguping aktivitas sang pemilik rumah seperti yang diungkapkan oleh wanita dalam video.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqcLiYyBGsd/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Namun, sebagian warganet lainnya justru tidak berpikir demikian. Sebab, bagaimanapun juga cicak adalah anggota dari kelas Reptil yang kemungkinan besar bisa mengalami pergantian kulit. Jadi kulitnya yang transparan itu bukan karena sihir atau hal mistis lainnya, tetapi karena si cicak baru saja berganti kulit. Alhasil, kolom komentar pun ramai dengan perdebatan warganet soal cicak transparan yang terlihat dalam video itu.

"Baru ganti kulit itu masi lemes gmna mau pergi hedeuh logika la😴," ujar akun @mharyos yang menilai kalau cicak transparan dalam video itu baru ganti kulit sehingga kulitnya belum tumbuh sempurna.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqcLiYyBGsd/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Komentar itu pun langsung ditanggapi oleh seorang warganet di balik akun @feranisa.official yang bertanya, "Emangnya cicak ganti kulit🤔,".  

"Kayaknya iya..soalnya pernah nemu yg kulitnya kayak mau nglupas2 gitu," timpal akun @maseyidetan. Di bawahnya, seorang warganet dengan akun Instagram @maison50.id mendukung pendapat warganet lain kalau cicak memang bisa berganti kulit, "ganti dong. Bbrp minggu skali kaya reptil lainnya. Kadang emg ada jg reptil2 yg kulitnya transparant. Mutasi gen atau emg species nya aja gitu," tulisnya.

"Iya semua yg melata dan vertebrata ganti kulit," imbuh seorang warganet dengan nama akun @jznaan._.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqcLiYyBGsd/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, cicak memang bisa berganti kulit. Umumnya, jenis reptil akan berganti kulit (sheding) secara berkala pada masa-masa tertentu untuk meremajakan lapisan kulit lamanya yg sudah rusak/mati, dan berganti dengan sel kulit baru. Termasuk dalam hal ini adalah cicak rumahan yang juga termasuk dalam golongan reptil.

Ternyata sebagian cicak memang diketahui dapat melakukan ganti kulit atau istilah lainnya adalah ecdysis. Namun jika dicermati, kulit yang mengelupas pada cicak rumahan dan tokek Leopard gecko memiliki beberapa perbedaan. Kulit pada Leopard gecko lebih terlihat tebal berwarna kekuningan dan sisiknya terlihat lebih jelas. Adapun pada cicak rumahan kulit yang mengelupas terlihat seperti kertas tipis berwarna putih dan sisiknya tidak begitu jelas.

Berbeda dengan pendapat sebelumnya yang menduga kalau cicak dalam video baru saja ganti kulit, seorang warganet di balik akun @jackyhendra menduga kalau cicak transparan itu disebabkan karena telah terendam air terlalu lama. "Itu cicak yg lama kerendam airr gaisss, cicaktuhh pori2nya besar dn meresap, jadi kalo derendam air yaa badanya mengembang dan jadi lebih transparan, manusia aja kalo kerendam air jadi sedikit lebih putih dn sedikit lebih transparant," tulisnya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CqcLiYyBGsd/?igshid=MDJmNzVkMjY%3D

"Karena cicak biasa di tembok kan debuan ya badannya jd agak gelep ketutup debu 😂," imbuh seorang warganet dengan akun @priscilian. Hmm, masuk akal juga!


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network