Penyerahan Hadiah Lomba Jalan Cepat di Sea Games Hanya Diterangi Lampu Mobil

"Penyerahan hadiah lomba jalan cepat di Sea Games Kamboja 2023 berlangsung tak umum."

Viral | 12 May 2023, 05:06
Penyerahan Hadiah Lomba Jalan Cepat di Sea Games Hanya Diterangi Lampu Mobil

TamanPendidikan.com - Penyerahan hadiah lomba jalan cepat di  Sea Games Kamboja 2023 berlangsung tak umum. Tak gunakan lampu sorot untuk menyorot para juara peraih medali, para juara itu justru disorot menggunakan lampu mobil. 

Penyelenggaraan Sea Games di Kamboja ini pun dinilai kurang persiapan. Beberapa hal, podium yang digunakan untuk berdiri para juara pun seperti dibuat seadanya.

SEA Games sendiri merupakan pesta olah raga terbesar tingkat Asia Tenggara. SEA Games ke-32 diselenggarakan mulai dari tanggal 5 hingga 17 Mei 2023 di Phnom Penh, Kamboja. Presiden Komite Olimpiade Kamboja, Thong Khon menyebut kalau ini akan menjadi kali pertama Kamboja menggelar SEA Games setelah pada tahun 1963 dibatalkan karena situasi politik disana.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/narasinewsroom/

Hingga hari ini, Indonesia sudah mengantongi 100 medali dari ajang SEA Games Kamboja ini. Secara lebih rinci, Indonesia telah memperoleh 25 medali emas, 22 medali perak, dan 53 medali perunggu sehingga kalau ditotal menjadi 100 medali secara keseluruhan. Salah satu penyumbang medali emas itu adalah Hendro Yap, seorang atlet jalan cepat.

Media pemberitaan @narasinewsroom melaporkan ada sebuah fenomena menarik yang terjadi dalam momen penyerahan medali cabang olah raga Jalan Cepat itu. Sebab, tak seperti biasanya yang menggunakan

"Atlet jalan cepat 20 km SEA Games 2023 Hendro Yap berhasil menyabet medali emas, Sabtu (6/5/2023). Namun, penyerahan medali ini cukup berbeda karena kondisi podium yang gelap dan minim cahaya. Akhirnya, lampu sorot mobil pun jadi solusi. Hendro Yap berhasil mencapai garis finis dengan catatan waktu 1 jam 40 menit 42 detik mengungguli Nguyen Thanh Ngung asal Vietnam dengan selisih 5 menit," tulis keterangan @narasinewsroom dalam kolom caption.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/narasinewsroom/

Saking seadanya, warganet Indonesia menilai momen penyerahan medali itu menjadi kurang meriah dan kurang terasa "aroma” SEA Games-nya. Padahal SEA Games ini setingkat Asia Tenggara, tetapi mengapa penyajiannya seperti bukan setingkat Asia Tenggara. Bahkan ada warganet yang nyeletuk kalau momen yang terekam dalam video masih layak disebut setingkat kecamatan.

"Event elit, penerangan sulit," @fariz_rez.

"Jangan sampe pengibaran benderanya kebaik lagi alesan gak keliatan ya wahai kembang kuburan..πŸ‘ŠπŸ»πŸ‘ŠπŸ» selamat buat Hendro Yap medali emasnya πŸ‘πŸΌβœŠπŸΌπŸ€˜πŸΌ," @aswin_gembhoel.

"Sea games kalah sama game kecamatan :)” @yaumioktari.

"Mau ketawa tapi atlet Indonesia pas dapat emas pula," @garda_kabah

Meskipun banyak komentar negatif yang digaungkan dalam kolom komentar, seorang warganet ada yang membela Kamboja soal persiapan SEA Games yang seadanya.

"Kasihlah toleransi untuk kali ini, soalnya ini pertama kali mereka jadi tuan rumah event gede dan ekonomi mereka juga di bawah Indonesia, maklum jika masih banyak kesalahan," ujar akun @ born_as_jeffrey yang langsung ditanggapi oleh komentar @camelicious.id, bahwa "yaa mereka bisa nolak juga klo ga sanggup," tulisnya. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network