Mancing Di Rawa Kebun Sawit, Angler Ini Strike Ikan Toman Monster Cantik

"Perpaduan warna hijau, hitam, dan putih dengan motif khas toman benar-benar membuat ikan dalam video tampak begitu indah."

Viral | 17 May 2023, 03:16
Mancing Di Rawa Kebun Sawit, Angler Ini Strike Ikan Toman Monster Cantik

TamanPendidikan.com - Memancing masih menjadi hobi yang ramai digemari oleh maysarakat hingga detik ini. Tak hanya sekadar mendapatkan ikan, ternyata sensasi menarik joran saat strike-lah yang membuat seorang angler semakin bersemangat untuk mancing. Berbicara soal angler dan memancing, kali ini kabar terbaru datang dari akun Instagram @castingerindonesia. Dalam video singkat yang diunggahnya itu, seorang angler tampak memamerkan ikan hasil strike-nya yang super cantik.

Video singkat itu bermula saat seorang angler berjalan dari arah rawa di tengah suatu perkebunan sawit mendekati kamera dengan menenteng seekor ikan super jumbo di tangan kanannya dan joran di tangan kirinya. Ia terlihat begitu kegirangan karena hasil tangkapannya kali ini sangat memuaskannya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CpoXHXdp6U0/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Rupanya, ikan yang diperolehnya itu adalah seekor toman monster hijau yang sangat cantik. Perpaduan warna hijau, hitam, dan putih dengan motif khas toman benar-benar membuat ikan dalam video tampak begitu indah. Apalagi ukuran tubuhnya yang lumayan besar lagi-lagi membuatnya terlihat semakin mantap dan menawan. Di akhir video, angler itu terlihat meletakkan sang toman ke tanah. Kemungkinan, ia melakukan itu untuk membuat sang toman lebih terekspos dalam kamera.

Hingga kini, belum diketahui bagaimana kelanjutan nasib sang toman. Apakah ia berakhir dipelihara oleh sang angler, dilepas lagi, atau mungkin dimasak menjadi santapan angler dan keluarganya. Namun, kalau melihat raut bangga dari sang angler tadi, kemungkinan toman monster hijau itu akan dipelihara olehnya menjadi ikan hias.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CpoXHXdp6U0/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

"Gak enak itu daging nya.. Lepaskan saja. Enak ikan haruan (gabus)," ujar warganet dengan nama akun @bim_garage yang beropini soal rasa daging ikan toman hijau. Komentar itu pun langsung ditanggapi oleh @da_pal25, "kalau orang hobi mancing bukan lagi mikir enak dagingnya bang. Tapi strekkknya ituπŸ‘πŸ€£πŸ€£," timpalnya.

Sedikit tambahan informasi, ikan toman merupakan jenis ikan predator air tawar yang masih satu keluarga dengan ikan gabus. Ikan air tawar ini sering disebut sebagai snakehead karena memiliki bentuk kepala yang sekilas tampak menyerupai kepala ular. Selain di Indonesia, ikan toman juga bisa ditemukan di Negara Malaysia, Thailand, Laos, dan Vietnam.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CpoXHXdp6U0/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

"Abis difoto dan divideo di lepas donk, biar castinger lain bisa merasakan sensasinya, dan kalo gede segitu cepet berkembang biaknya," komentar akun @chandralauw yang berharap angler dalam video melepaskan kembali hasil pancingannya agar sang toman monster hijau itu tetap lestari di alam liar.

"Mantap yg ijo lagi πŸ‘," kata akun @hansencandra yang takjub dengan hasil buruan angler dalam video, di mana toman yang berhasil didapatkannya adalah toman monster hijau yang terbilang cukup mahal. Lantas, komentar ini ditimpali oleh seorang warganet di balik akun @andriiii09_, "satu juta di tempat gue laku itu," imbuhya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CpoXHXdp6U0/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Seekor toman dengan panjang tubuh 11 – 13 cm umumnya dibanderol dengan harga Rp10.000 – Rp20.000. Toman dengan panjang tubuh 20 – 25 cm dibanderol dengan harga Rp50.000 – Rp60.000 per ekor. Toman dengan ukuran panjang tubuh 40 cm dibanderol dengan harga Rp65.000 – Rp500.000 per ekor. Toman dengan panjang tubuh mencapai 55 cm dipatok dengan harga  Rp500.000 – Rp600.000 per ekor. Adapun toman dengan panjang tubuh 80 cm dihargai sekitar Rp1.250.000 per ekor. 

Memang terdengar fantastis, apalagi untuk jenis toman tertentu yang memang lebih banyak diburu oleh penggemarnya, seperti Toman Yellow Maru yang dipatok dengan harga puluhan juta rupiah. Bagaimanapun juga, warna ikan yang cantik membuat banyak orang tertarik untuk memelihara ikan toman ini. Alhasil, tak heran ikan ini banyak menjadi buronan dan harganya pun cenderung terus naik di pasaran. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network