Makan Nangka, Pria Ini Malah Makan Bijinya Bukan dagingnya

"Seorang pria memakan buah nangka dengan cara yang janggal."

Viral | 23 May 2023, 08:36
Makan Nangka, Pria Ini Malah Makan Bijinya Bukan dagingnya

TamanPendidikan.com - Seorang pria memakan buah nangka dengan cara yang janggal. Bukan daging nangka yang manis yang dimakan, tapi justru biji nangka yang dikunyah mentah-mentah.

Video pria makan biji nangka ini diunggah oleh akun @tiktok__lucu di Instagram. Video tersebut menampilkan momen mukbang antimainstream saat seorang pria justru menyantap biji buah nangka dengan lahap alih-alih daging buahnya yang manis.

Saking lahapnya pria dalam video memakan biji nangka itu, sang pengunggah video sampai linglung dengan mengira cara makan nangka yang benar adalah dengan memakan bijinya, bukan daging buahnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tiktok__lucu/

"Berarti selama ini gua salah cara makannnya 😢," tulis @tiktok___lucu di kolom caption.

Nangka merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah subtropis hingga tropis seperti Indonesia. Bisa dibilang, buah nangka ini cukup "multifungsi” mengingat buah nangka dapat dikonsumsi sejak masih muda sampai matang.  Pada saat buah nangka ini masih muda, biasanya masyarakat mengkonsumsinya sebagai  bahan campuran rujak. Lalu, saat sudah tua tetapi belum matang buah nangka ini biasanya dikonsumsi sebagai sayur, seperti yang kerap ditemukan dalam olahan sayur nangka di nasi padang. Kemudian, saat buah ini sudah matang, maka daging buahnya dapat dimakan langsung dengan rasa daging buah yang sangat manis dengan aroma nangka yang khas.

Kembali ke video unggahan @tiktok___lucu, terlihat seorang pria di dalam mobil tengah mukbang buah nangka matang. Buah nangka yang ada di atas piring ini terlihat sangat lezat dan segar. Kalau biasanya buah nangka matang yang dimakan adalah bagian daging buahnya, maka kali ini bagian yang disantap oleh pria itu adalah biji buahnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tiktok__lucu/

Biji buah nangka memang dapat dikonsumsi, tetapi tidak secara mentah-mentah seperti yang dilakukan oleh pria dalam video. Umumnya, biji buah nangka ini akan direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Setelah direbus, barulah biji buah nangka dapat disantap. Biasanya, biji nangka dimasak dengan cara direbus kira-kira selama 20–30 menit atau kalau ditusuk sudah terasa empuk.

Selain direbus biasa, biji nangka ini juga bisa diolah dengan cara dipanggang dalam oven selama 20 menit atau hingga biji terlihat kecoklatan. Kalau soal rasa, biji nangka yang telah diolah ini biasanya agak manis meskipun cenderung hambar. Namun, karena biji itu sudah diolah terlebih dahulu, maka tekstur biji buah yang keras itu jadi lebih empuk dan mudah untuk dikunyah.

"Tapi emang enak sih kalo direbus dulu," tulis akun @freakin.jojo.

"Itu bijinya juga bisa dimakan, kalau gua di rebus dulu," tulis akun @_zufar0809.

Biji nangka mengandung cukup banyak zat pati resisten yang dapat berperan sebagai prebiotik serta senyawa bioaktif yang memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Bahkan, antioksidan pada biji nangka diketahui lebih banyak daripada daging buahnya. Untuk mendapatkan manfaat biji nangka dengan optimal, harus dimasak terlebih dahulu. Biji nangka yang mentah diketahui dapat mengganggu penyerapan nutrisi tertentu. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network