Ular Ini Punya Ekor Seperti Laba-laba untuk Menjebak Mangsanya

"Ular ini punya bentuk fisik yang unik yakni ujung ekor yang menyerupai laba-laba"

Viral | 23 May 2023, 03:04
Ular Ini Punya Ekor Seperti Laba-laba untuk Menjebak Mangsanya

TamanPendidikan.com - Ular ini punya bentuk fisik yang unik yakni ujung ekor yang menyerupai laba-laba. Ujung ekor ini dimanfaatkan oleh ular untuk menjebak mangsa.

Video ular dengan ujung ekor mirip laba-laba ini diunggah oleh akun @bumihewan di Instagram. Di tayangan video tersebut, terekam seekor burung yang terbang mendekat tertipu oleh si ular. Burung ini berniat menyantap laba-laba yang telah ia amati dari kejauhan.

Namun, saat burung itu sudah sampai di mulut gua dan berniat memakan laba-laba itu, tiba-tiba ada seekor ular yang hendak mencaploknya. Beruntung, burung itu selamat. Rupanya, sosok laba-laba yang sukses menarik perhatian sang burung adalah ekor dari ular yang dari bentuknya benar-benar mirip dengan laba-laba.

 TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/bumihewan/

"Viper tanduk berekor laba-laba (Pseudocerastes urarachnoides) adalah viper endemik Iran barat. Viper ini dikenal memiliki mimikri yang luar biasa unik. Ekor viper ini menyerupai laba-laba atau Arachnoid lain yang membuatnya mendapatkan nama itu. Viper tanduk berekor laba-laba bersembunyi di celah batu / lubang di sisi bukit, lalu dia akan menggerakkan ekornya layaknya laba-laba untuk menarik perhatian burung atau mangsa lainnya," tulis keterangan @bumihewan di kolom caption agar warganet tidak lagi bertanya-tanya soal ular yang terlihat dalam video.

Ular itu disebut sebagai ular yang sangat unik karena tubuhnya memiliki bentuk fisik yang khas dan tidak dimiliki oleh ular lain. Bentuk ekornya yang sangat mirip dengan bentuk laba-laba.

"Penipu ulung. Ular ini menggunakna ekornya yang mirip laba-laba untuk menjebak mangsa," tulis sang pembuat video di dalam videonya.

Pernyataan itu pun ditanggapi oleh seorang warganet dengan nama akun @abengfariz, bahwa "manusia aja ketipu kalo ga baca caption," tulisnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/bumihewan/

ular unik itu adalah bagian dari keluarga Viperidae. Viper adalah keluarga ular berbisa dengan taring yang dapat ditarik untuk menyuntikkan racun secara mendalam ke dalam tubuh mangsanya. Mereka banyak ditemukan hampir di seluruh dunia kecuali daerah Siberia, Irlandia, Lingkaran Arktik, dan Australia. Namun, khusus untuk jenis viper tanduk laba-laba seperti yang ada di video, itu hanya ditemukan di beberapa daerah di Iran barat.

Laman AZ Animal menyebut kalau mata ular ini berwarna cokelat dengan pupil vertikal. Mereka memiliki kulit kasar dengan sisik yang warnanya sangat menyatu dengan batu granit tempat tinggalnya. Lalu, sisik yang menjulur ke atas dari matanya membentuk "tanduk". Dan yang paling unik adalah ekornya, di mana ujungnya tampak membulat menyerupai sosok laba-laba.

"Kamuflasenya bisa dilihat pas udah bener-bener fokus," ujar akun @depallsellix yang menilai kemampuan kamuflase atau mengelabui mangsa ular ini sangatlah baik.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network