Sambal Ganja Khas Aceh Ini Bikin Efek Candu

"Sambal ini diberi nama ganja karena efek candu yang dihasilkan"

Viral | 24 May 2023, 00:24
Sambal Ganja Khas Aceh Ini Bikin Efek Candu

TamanPendidikan.com - Bagi sebagian besar orang Indonesia, sambal merupakan menu wajib yang harus ada di meja makan. Tak lengkap rasanya jika makan tidak didampingi oleh sambal yang pedasnya mantap sehingga menambah kenikmatan makan. Bahkan, para pecinta pedas mengungkap kalau rasa pedas dari sambal selalu sukses membuat mereka ketagihan untuk menyantapnya. Di Indonesia sendiri terdapat bermacam-macam sambal.

Salah satu ragam sambal, yakni sambil ganja diunggah oleh akun @nanakoot_ di Instagram. Dalam video viral tersebut terlihat seorang food content creator alias pembuat konten makanan tengah menyantap sambal khas Aceh tersebut. Meski tidak berbahan ganja, konon katanya sambal ini memiliki "efek” yang serupa dengan ganja.

Bisa dibilang, sambal ini diberi nama ganja karena efek candu yang dihasilkan rumornya serupa dengan ganja. Jadi, sekali menyantap sambal ini maka  akan kecanduan untuk makan lagi dan lagi.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/nanakoot_/

Menurut keterangan dalam video, sambal ganja ini terdiri dari beberapa bahan yang dilembutkan menjadi satu. Bahan-bahan itu terdiri atas cabai, udang, bawang merah, bawang putih, jeruk nipis, daun jeruk, serai, belimbing wuluh, garam serta minyak sayur.

Perpaduan bahan-bahan tersebutlah yang kemudian mampu menciptakan cita rasa candu bak ganja. Apalagi adanya udang goreng yang menambah rasa gurih mampu menggugah selera makan siapapun yang melihatnya.

Tak ketinggalan, food content creator  dalam video juga menjelaskan tutorial alias cara cara membuat sambal ganja itu. Mulai dari menghaluskan bawang merah, bawang putih dan cabai. Selanjutnya mengiris daun jeruk san serai kemudian dimasukkan ke dalam campuran bawang dan cabai. Tak lupa rasa masam yang diperoleh dari belimbing wuluh dan juga perasan jeruk. Lalu, bahan yang menggugah selera selanjutnya adalah udang. Udang ini digoreng terlebih dahulu. Kemudian dicampurkan kedalam sambal yang telah dihaluskan.

Setelah sambal siap, terlihat wanita dalam video menyantapnya dengan nasi putih, selada air, dan telur dadar. Sajian tersebut jelas menggugah selera. Apalagi ekspresi yang ditunjukkan wanita itu terlihat begitu puas hingga mampu membuktikan kalau sambal ganja ini memang seenak itu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/nanakoot_/

Usai menyaksikan video itu, warganet pun langsung menyerbu kolom komentar untuk meluapkan semua uneg-unegnya soal sambel ganja ini. 

"Koo keliatan bikin nagih ci," tutur akun @nantikitamakanini.

"OMG aku udah mangapp ini 🤤🤤🤤," ujar seorang konten kreator makanan bernama @gina_angelia saking menggodanya si sambel.

"Dulu sering bikin, dan enak banget ini, dimakan pake kerupuk sama nasi anget ❤️," ungkap @dyllayumi menceritakan pengalamannya saat memakan sambal ganja ini.

"Lbh enak lg kl buah belimbing wuluhnya udah tua mbak, agak lembek gt jd da airnya, makan nasi panas pake minyak garam plus endok n sambal ini mmg bikin abis nasi semagic com," kata akun @mili_amelia menyarankan untuk menggunakan belimbing wuluh matang agar lebih mantap lagi sambalnya. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network