Pohon Jati Berumur 300 Tahun Ini Nilai Jualnya Lebih dari Rp 1 Miliar

"Pohon jati raksasa berumur ratusan tahun ini punya nilai jual fantastis"

Viral | 03 June 2023, 05:36
Pohon Jati Berumur 300 Tahun Ini Nilai Jualnya Lebih dari Rp 1 Miliar

TamanPendidikan.com - Jati adalah salah satu jenis pohon yang populer memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena kayunya sangat berkualitas, keras, dan awet untuk membuat pintu, jendela, bahkan furniture rumah tangga seperti meja, kursi, maupun lemari. Pohon jati juga memiliki ciri khas yang sangat unik yaitu batang pohon yang lurus dan menjulang tinggi. Semakin tua umur pohon jati, maka kayunya akan semakin kuat. Hal itu sebanding dengan harganya yang semakin mahal.

Di video unggahan @mebeljepara, diperlihatkan pohon jati raksasa yang diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh warga setempat, pohon jati raksasa itu ternyata memiliki diameter sekitar 8 meter dengan tinggi menjulang 30 meter. Sungguh menakjubkan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mebeljepara/

Warga sekitar pun banyak yang berspekulasi menaksir harga pohon jati yang diduga sudah berumur ratusan tahun tersebut. Pohon jati yang diperkirakan berumur 300 tahun itu pun dipastikan memiliki nilai jual yang sangat fantastis. Bahkan banyak yang menyangka nilai jual pohon jati raksasa tersebut menyentuh harga 1 milyar lebih.

Usut punya usut, pohon jati raksasa tersebut terletak di desa Jatisari, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah. Untuk mempertahankan kelestarian alam dan lingkungan, pemerintah setempat pun menetapkan pohon jati raksasa itu sebagai pohon yang dilindungi. Bahkan, kini pohon itu sudah dijadikan situs yang diberi nama “Situs Denok” untuk menggambarkan kondisi pohon jati raksasa yang sudah hidup sejak ratusan tahun yang lalu.

Video yang berdurasi singkat ini pun berhasil menarik perhatian warganet yang menyaksikannya. Banyak warganet yang memberikan berbagai tanggapannya di kolom komentar video tersebut.

"Ada dulu tetangga desa beli 1 m jati di kuburan" ujar akun @mr.mu_arifin.

"Di desaku juga ada, letaknya di tengah makam dan info turun temurun disitu tempatnya petilasan raja majapahit" balas akun @mua_lee_min.

"Termasuk pohon langka, lestarikan aja jangan ditebang bisa buat icon daerah setempat" timpal akun @dwiendangagussetyawan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/mebeljepara/

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata Kabupaten Blora memiliki dua buah pohon jati yang legendaris. Bahkan, dalam kurun waktu 2007-2008, Kabupaten Blora mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran pohon jati. Yang pertama adalah satu pohon jati di kawasan Temengeng Kecamatan Sambong, tak jauh dari Gubug Payung, yang laku terjual Rp 1 miliar. Pohon jati berusia lebih dari 150 tahun itu dijual, karena mati.

Adapun satu pohon jati lainnya yaitu berusia lebih dari tiga abad (300 tahun) yang sampai saat ini masih hidup dengan gagahnya, yakni Jati Denok. Konon, Jati Denok ini adalah jati terbesar dan umurnya paling tua di Indonesia.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network