Viral Toilet Transparan di Sudirman, Jakarta Makin Seperti Luar Negeri

"Toilet umum antimainstream tersedia di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta"

Viral | 04 June 2023, 04:36
Viral Toilet Transparan di Sudirman, Jakarta Makin Seperti Luar Negeri

TamanPendidikan.com - Toilet umum antimainstream tersedia di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta. Toilet itu terlihat transparan dengan penampakan bayang-bayang orang di dalamnya.

Lokasi toilet umum tersebut, kawasan Jalan Jenderal Sudirman, merupakan tempat yang biasa digunakan untuk olahraga bagi sebagian besar warga DKI Jakarta. Guna memberikan kenyamanan dalam menjalani aktivitas olahraganya, pengelola kawasan itu pun menyediakan toilet umum sebagai fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan, misalnya untuk sekadar berganti pakaian, mandi setelah berolahraga, buang air kecil, maupun buang air besar.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/vonmagz/

Video bangunan toilet umum transparan dan segala fasilitasnya diunggah oleh akun @vonmagz di Instagram. Layaknya toilet-toilet yang ada di luar negeri, toilet itu terlihat transparan dengan penampakan bayang-bayang orang di dalamnya. Namun uniknya, ketika pintu toilet tersebut dikunci maka toilet yang transparan itu akan langsung berubah menjadi buram dan terjamin keamanan serta privasi penggunanya. Sungguh toilet yang canggih!

Cara menggunakan toilet transparan itu pun cukup mudah dan murah. Warga hanya dikenakan tarif sebesar 5 ribu rupiah untuk sekali masuk dalam toilet. Pembayaran bisa dilakukan secara cash dengan memasukkan uang ke dalam alat yang disediakan. Setelah uang terdektesi, maka akan keluar struk yang berisi barcode untuk masuk ke dalam toilet.

Barcode itu kemudian di scan ke alat yang tersedia di depan pintu toilet. Setelah di scan maka toilet pun bisa dibuka dan siap digunakan. Selain itu, ternyata toilet pintar ini juga bisa menggunakan fasilitas uang digital dalam pembayarannya. Warga hanya cukup menscan barcode yang tersedia, kemudian toilet pun siap digunakan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/vonmagz/

Fasilitas dalam toilet pintar ini sangat lah mewah seperti toilet-toilet di luar negeri. Walaupun berada di tempat umum, toilet ini menyuguhkan fasilitas VIP layaknya toilet di hotel bintang lima. Terlihat dengan jelas dalam video, toilet pintar ini memiliki fasilitas seperti wastafel, cermin, sabun, closet duduk, shower, dan pilihan penggunaan air panas maupun air dingin. Ukuran toilet ini tergolong sangat leluasa yaitu sekitar 2x2 meter sehingga memudahkan pengguna dalam bergerak di dalam toilet.

"Kayak di Jepang ya, ini konsepnya transparan biar tau ada orang apa enggak sebelum masuk toilet. Jadi enggak gedor-gedor. Tapi ya masalahnya warga +62 masih kurang kesadaran menjaga fasilitas umum", tulis akun @nurikaej.

"Semoga pengguna2 nya bisa jaga manner (tata krama) ya. Jangan disamain kaya toilet pasar", balas akun @randirama.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network