Ribuan Ikan Sidat menggelepar di Jalan Raya Ini Viral

"Ribuan ikan sidat tumpah memenuhi jalan raya."

Viral | 05 June 2023, 03:30
Ribuan Ikan Sidat menggelepar di Jalan Raya Ini Viral

TamanPendidikan.com - Ribuan ikan sidat tumpah memenuhi jalan raya. Ikan yang memiliki bentuk fisik semacam belut ini berceceran di jalan kerena truk pengangkutnya alami kecelakaan.

Video ikan sidat yang tumpah berceceran di jalan ini diunggah oleh akun @viral_log786 di Instagram. Terlihat dalam video, ribuan ikan sidat yang berukuran cukup besar menggelepar dan klogat-kloget di jalan raya. Agar tidak membahayakan pengendara lain, para warga yang berada di sekitar lokasi pun langsung memasang garis kuning sebagai tanda bahaya untuk mengamankan jalan.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/viral_log786/

Para warga pun bergotong royong. Mereka menyingkirkan ikan sidat hanya dengan peralatan seadanya seperti kayu dan sepatu yang dikenakannya.

Usut punya usut, ternyata ribuan ikan sidat ini berasal dari sebuah truk pengangkut ikan yang mengalami laka lantas di jalan raya. Hingga kini belum diketahui dimana lokasi dan apa penyebab pasti terjadinya kecelakaan yang menyebabkan ribuan ikan sidat tersebut tumpah ke jalan raya. Namun berdasarkan pengamatan, kemungkinan hal ini terjadi bukan di Indonesia melainkan di luar negeri.

Ikan sidat adalah ikan yang memiliki bentuk tubuh yang unik. Bentuknya yang pipih dan memanjang, membuat ikan sidat seperti belut jika dilihat dari kejauhan. Ikan sidat ini menjadi salah satu ikan favorit masyarakat Indonesia karena dikenal sebagai ikan dengan  kandungan gizi yang sangat tinggi. Tingginya protein yang terkandung dalam ikan sidat membuatnya memiliki nilai jual yang sangat tinggi bahkan sampai di ekspor ke luar negeri.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/viral_log786/

Di Indonesia, ikan sidat yang memiliki nama latin Anguilla sp tersebar mulai dari pantai barat Sumatera, Pesisir Selatan Pulau Jawa (paling banyak) , Bali, NTB, NTT, sepanjang pantai timur Kalimantan, perairan Sulawesi, Maluku sampai perairan Papua. Sebanyak 95% kebutuhan konsumsi ikan sidat dunia merupakan hasil budidaya. Terdapat 3 jenis sidat yang sangat populer dibudidayakan saat ini yaitu sidat Jepang (Anguilla japonica), sidat Eropa (A. anguilla), dan sidat Amerika (A. rostrata). 

Sebenarnya ikan sidat ini merupakan ikan yang sangat unik. Pasalnya, ikan sidat ini mampu hidup di air tawar, air payau, bahkan air laut. Meskipun demikian, kini keberadaan ikan sidat sudah terbilang langka. 

Warganet yang menyaksikan video ini pun merasa sangat terkejut. Banyak pula warganet yang merasa sangat kasihan dan iba atas kecelakaan yang menimpa. Andaikan hal tersebut terjadi di Indonesia sudah dapat dipastikan ribuan ikan sidat tersebut akan diserbu oleh para warga untuk dibawa pulang tanpa sisa untuk diolah menjadi hidangan yang lezat dan disantap bersama keluarga. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network