Ikan Hidup Ini Diaduk dengan Cairan Tepung untuk Bikin Peyek

"Rempeyek ini dibuat dengan isian tak wajar yakni ikan hidup"

Viral | 06 June 2023, 01:55
Ikan Hidup Ini Diaduk dengan Cairan Tepung untuk Bikin Peyek

TamanPendidikan.com - Rempeyek atau simpelnya disebut peyek merupakan camilan renyah yang terbuat dari tepung beras. Camilan jenis ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan memiliki banyak varian di pasaran.

Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas. Peran tepung di sini adalah sebagai pengikat untuk isian rempeyek. Isian rempeyek ini beraneka ragam, mulai dari kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, bayam, hingga ikan teri. Namun kali ini beredar video seseorang yang membuat peyek dengan isian tak wajar.

Video unggahan @gurlsmoody.id memperlihatkan isian peyek berupa ikan yang masih hidup. Terlihat ikan-ikan kecil yang di dalam ember, mereka masih bergerak berenang bebas. Namun terlihat juga adonan tepung beras ketan yang berisi ikan yang  masih hidup.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gurlsmoody.id/

Ikan-ikan kecil ini berenang bebas pula di dalam adonan tepung. Adonan yang berisi ikan hidup ini siap untuk digoreng. Wajan berisi minyak goreng diatas kompor yang menyala ini siap untuk mematangkan adonan berisi ikan hidup menjadi peyek.

Seperti yang kita ketahui, meskipun isian peyek berupa ikan teri atau ikan kecil lainya tapi ikan-ikan itu sudah dibersihkan dari isi perutnya. Tidak seperti ikan kecil yang ada di dalam video. Ikan-ikan ini benar-benar hidup dan masih bergerak di dalam adonan.

Video tersebut pun menimbulkan heboh, pasalnya bukan hal yang baik memasak hewan hidup-hidup.

teruntuk teman-teman muslim, kita telah diberi pemahaman untuk memakan makanan yang halal dan thoyyib, baik cara mendapatkan makanan, jenis makanannya, cara mengolahnya, serta alat yang dipergunakan untuk memasak, termasuk zholim kepada hewan apabila memakannya/memasaknya hidup-hidup, sehingga akan menghilangkan kebaikan dan keberkahan dari makanan tsb, bahkan beberapa ulama menyatakan makanan ini masuk kedalam kategori haram atau makruh, sembelihlah dengan cara-cara yang telah disyariatkan (tidak menyiksa), sesungguhnya pada sisi Allaah ada balasan dari apa yang kita perbuat, Allaahu a'lam.” tulis akun @salamtulis.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/gurlsmoody.id/

Semua komentar warganet hampir menuliskan jika merasa kasihan dan tidak tega dengan ikan-ikan ini. Seperti beberapa komentar yang dituliskan oleh warganet berikut ini.

Jahat banget di masak hidup2,” tulis akun  @qistyfr.

Ya Allah kasian, seenggaknya matiin dulu laaaaaaah 😢 kan bisa pake air garem nanti mati itu ikan. Malah digoreng idup2,” tulis akun @erdiana.fina.

Kasian klk masi idupnya,” tulis akun @idquerudii_


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network