Viral, Haji Backpacker Ini Terpaksa Wukuf di Padang Arafah Hanya Pakai Terpal

"Sama sekali tak ada fasilitas, tenda tempat tinggal Rama hanya terdiri dari terpal sebagai alas juga sebagai penutup atas untuk menghalau sinar matahari yang terik."

Feature | 09 June 2023, 02:58
Viral, Haji Backpacker Ini Terpaksa Wukuf di Padang Arafah Hanya Pakai Terpal

TamanPendidikan.com - Seorang pria nekat menjalani Haji ke Tanah Suci Makkah dengan cara Backpacker. Alhasil fasilitas yang dia dapat sangat seadanya. Pria bernama Rama tersebut menunjukkan opsi lain untuk berhaji dengan mengeluarkan biaya terjangkau. Dalam unggahan video berdurasi singkatnya, Rama memperlihatkan kondisi tempat tinggal yang ia tempati selama berhaji.

"Haji backpacker bisa murah karena tanpa fasilitas seperti di travel. Wukuf di Arafah hanya pakai tenda terpal," tulis Rama di video yang diunggah oleh akun Instagram @undercover.id.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CtLzv9SNNmg/

Sama sekali tak ada fasilitas, tenda tempat tinggal Rama hanya terdiri dari terpal sebagai alas juga sebagai penutup atas untuk menghalau sinar matahari yang terik. Di dalam tenda yang berukuran tidak terlalu besar tersebut Rama juga harus berbagi tempat dengan beberapa orang sekaligus.

Meski dipenuhi dengan keterbatasan, Rama tetap berusaha memberi semangat siapapun yang ingin berhaji namun terbatas pada biaya. Dirinya seolah secara tidak langsung menawarkan opsi lain untuk berhaji dengan biaya murah.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CtLzv9SNNmg/

"Episode Haji Backpacker: Suasana Dalam Tenda Haji Backpacker. Bisa Murah Karena Tanpa fasilitas seperti di travel, intinya Haji sebenernya adalah gratis.. yg bikin bayar yaitu karena kita bayar fasilitas Hotel, Makan, Pelayanan, Mutowif, Bis, Dll.." tulisnya.

Video itu pun viral dan mendapat banyak komentar dari warganet. Bahkan ada juga warganet yang membagikan kisah serupa.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CtLzv9SNNmg/

"Alhamdulillah th 2020 saya berhaji bermodalkan ransel, tidur beralaskan tanah dan beratap langit begitu juga di Mina bermalam berlaskan sm dan beratap langit kl makanan beratus truk setiap hr ada saja makanan sumbangan kaum muslimin, dr Mina ke arafah berjalan kaki sementara yg lain pake bus, mencoba cara sahabat jaman rasulullah😊😀 sampai arah pas zuhur berdiam diri perbanyak doa dll, sebelum maghrib meninggalkan arafah pake omprengan angkot menuju muzdalifah buat bsk lempar jumrah sekali lagi tidur beralaskan tanah dan beratap langit, selesai jumrah menuju makkah naik angkot mekkah cm 5 riyal dan kebagian duduk di atap sampai makaah tahalul botak licin alhamdulillah plong plus capek pegel2 dan akhir cerita sebelum ke indo puasa 10 hari takut dan ragu kl ada sesuatu yg salah selama ihram itung2 bayar dam dg berpuasa, kl saya bukan haji bakpeker tapi haji nekat dan yg ini mengikuti perunjuk kitab berhaji dr sheik wali NAWAWI , dan alhamdulillah puas, ikhlas dan bener2 fokus dg ibadahnya, InshaAllah mabroor juga buat para jamaah haji lainnya# Aamiin😍😍," tulis akun @ajoebzailani.TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CtLzv9SNNmg/

"Rukun islam ke 5, menunaikan haji bagi yang mampu, ntah secara finansial, ntah secara waktu, entah secara energi, tapi orang yang bisa naik haji tu orang yang istimewa, video ini membuktikan kalau uang secukupnya itu cukup, jika hatinya telah terpanggil," tulis akun @iismawardi.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CtLzv9SNNmg/

"Gapapa yg penting niatnya udah bener kok, mungkin terkendala dalam biaya makanya milih backpacker," tulis akun @januar199999.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network