Ular Kobra Putih dengan Tudung Pink Ini Sangat Cantik Tapi Tetap Mematikan

"Ular kobra putih ini tampak begitu menawan saat ia menegakkan badan diikuti dengan pembukaan tudungnya"

Sains | 20 June 2023, 00:17
Ular Kobra Putih dengan Tudung Pink Ini Sangat Cantik Tapi Tetap Mematikan

TamanPendidikan.com - Seekor ular kobra putih menarik perhatian warganet karena memiliki tudung berrwarna pink. Penampakan ular kobra putih ini diunggah dalam video singkat oleh seorang penghobi reptil bernama Michael Meesters, @michiel__meesters, di Instagram.

Meski nampak menawan, Namun perlu diingat kalau ia tetap seekor kobra. Reptil ini sangat mematikan dengan bisa (racun) yang dimilikinya.

Ular kobra dalam video tampak begitu menawan saat ia menegakkan badan diikuti dengan pembukaan tudungnya. Tak hanya putih, tetapi kilauan pink di tudung sang ular membuat penampilan fisiknya semakin menarik. Tak ketinggalan, lidahnya yang bercabang dua juga berwarna pink, sehingga menambah kegemasan terhadap ular itu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/michiel__meesters/

Ular kobra putih tesebut merupakan ular peliharaan. Pasalnya, ular itu berada di dalam akuarium besar yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi kandang sang ular.

Warganet yang menyaksikan video itu pun sukses dibuat takjub dan terkagum-kagum pada ular berbisa satu itu.

"Cantik sekali! Dan ujung lidahnya pun putih wow!," ujar @eskowpat.

"Itu adalah salah satu ular kobra yang cantik. Bukan albino, tapi ..... Saya tidak ingat apa ya namanya. Tapi cantik", ungkap @moogle111 yang terlupa dengan jenis ular kobra dalam video. Tak berselang lama, @michiel__meesters selaku pemilik ular pun mengklarifikasi kalau dengan memberi tahu jenis ular kobra dalam video. "Itu leucistic 😁," balasnya.

"OMG, saya akan menamainya Pearl 💯😍😍😍😆🥰🥰🥰🥰💯," akun @jamesjeareldsmith.334839 ikut berkomentar dengan mengusulkan nama Pearl untuk sang ular. Dari penampilan fisiknya, ular itu memang seindah mutiara (pearl) sehingga layak untuk dinamai demikian.   

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/michiel__meesters/

Berdasarkan informasi dari sang pengunggah video, ular itu adalah Naja kaouthia leucistic. Menurut laman Blok-a.com, ular kobra putih atau yang juga dikenal dengan White Leucistic Cobra merupakan salah satu spesies ular kobra yang berukuran cukup kecil dengan warna sisiknya yang putih pucat.

Ular jenis ini ada juga yang menyebutnya sebagai Albino Monocled Cobra atau dikenal pula dengan istilah Naja Kaouthia. Monocled Cobra ini merupakan reptil ular endemik asal Thailand. Ular Kobra Putih ini memiliki postur dengan kepala layaknya kobra pada umumnya dengan matanya yang cantik berwarna biru gelap. 

Ular dengan spesies kobra putih ini memiliki kelainan genetik yang disebut leusistik, dimana kulit dan sisinya tidak dapat memproduksi pigmen warna layaknya ular pada umumnya, dan berakhir memiliki warna putih. Warna sisiknya yang putih bersih memang membuatnya tampak cantik. Tapi, tetap saja, ular ini spesies yang sangat berbahaya.

Ada dua racun utama yang bisa dilepaskan melalui gigitannya yakni racun neurotoksis dan sitotoksis. Racun neurotoksis akan menyerang sistem syaraf yang dalam memicu kegagalan pernafasan dan menyebabkan kematian. Adapun racun sitotoksis akan menyerang integritas sel yang bisa menyebaban nekrosis atau kematian sel. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network