Wujud Buah Tin, Buah Surga Semanis Sirup

"Buah tin atau disebut juga buah ara merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran"

Sains | 22 June 2023, 02:21
Wujud Buah Tin, Buah Surga Semanis Sirup

TamanPendidikan.com - Buah tin atau disebut juga buah ara merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran, yakni surat At-Tin. Arti dari surat At-Tin sendiri adalah buah Tin. Menurut hadis yang diriwayatkan oleh Abu Darda, buah tin disebut sebagai salah satu buah yang diturunkan dari surga.

Meskipun demikian, ternyata surat At-Tin ini tidak hanya terbatas pada pembahasan mengenai buah tin saja. Mengutip dari Laman Liputaan6.com, surat At-Tin sebenarnya menceritakan tentang bagaimana manusia diciptakan dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian, mereka akan dikembalikan ke tempat serendah-rendahnya. Kecuali bagi orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan karena bagi mereka adalah pahala yang tak akan putus.

Berbicara soal buah tin, belum lama ini tersebar video singkat yang ramai dibicarakan oleh warganet Instagram. Video itu diunggah oleh akun @tabulampot.murah yang memperlihatkan sepiring buah tin segar. Dari video itu pula, warganet Instagram jadi tahu bagaimana wujud si buah surga yang namanya disebutkan dalam Al-Quran.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tabulampot.murah/

Secara fisik, buah ini tampak berbentuk kerucut dengan kulit buah berwarna ungu kemerahan dengan kesan beludru. Saat dipegang oleh sang perekam video, buah tin itu terlihat lunak dan sangat mudah dibelah menggunakan tangan. Ketika buah tin itu berhasil terbelah, terlihat daging buah yang berwarna merah muda dengan biji kecil-kecil  yang bisa memberikan sensasi renyah pada daging yang lembut.

Mengingat buah tin memang tidak banyak dijual di pasaran, seorang warganet bertanya kepada @tabulampot.murah selaku pengunggah video. Warganet dengan nama akun @nath_pranata bertanya, “Emang bisa dimakan dan aman dikonsumsi? 😂”, ujarnya.

Lantas, sang pengunggah video pun membalas komentar itu dengan mengatakan kalau buah tin ini sangat aman dan bisa dikonsumsi.  Dua warganet lain tampak ikut menimpali komentar itu. Ia adalah @nurasyiah_d dan @angeliczuriel di mana keduanya mengkonfirmasi kalau buah tin itu rasanya enak dan nikmat.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tabulampot.murah/

Laman Merdeka.com juga menyebut kalau buah tin ini mempunyai rasa yang sangat manis. Bahkan, saking manisnya buah ini sampai menghasilkan ‘air’ seperti sirup. Oleh karena itu, buah ini cocok untuk dimakan sebagai hidangan penutup.

Selain rasanya yang manis, buah dengan nama ilmiah Ficus carica ini juga kaya akan manfaat. Menurut USDA, buah tin kering mengandung banyak serat, tembaga, mangan, magnesium, kalium, kalsium, dan vitamin K. Selain itu, buah tin juga kaya akan vitamin A dan B serta kadar tertentu dari vitamin C. 

Melansir dari Dream.com, buah tin telah dikenal kemujarabannya oleh ahli pengobatan tradisional pada dekade ini karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti mengobati luka-luka, borok, flu burung, maag, gangguan sirkulasi menstruasi pada wanita dan luka bakar.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network