Ular Makan Burung di Pohon Ini Bikin Warga yang Lihat Histeris

"Seekor ular besar bergelantungan di salah satu batang pohon."

Viral | 24 June 2023, 06:15
Ular Makan Burung di Pohon Ini Bikin Warga yang Lihat Histeris

TamanPendidikan.com - Seekor ular besar bergelantungan di salah satu batang pohon. Ular ini tengah menangkap seekor burung di pohon yang rimbun.

Momen ular panjat pohon dan mangsa burung ini diunggah oleh akun @safari_wild7 di Instagram. Penampakan ular jumbo di atas pohon itu pun membuat warga lokal berteriak histeris. Ia bukan hanya histeris karena melihat seekor ular besar di atas pohon, melainkan mereka juga histeris karena faktanya ular itu sedang menyergap seekor burung yang hendak menjadi santap siangnya.
 
"makan elang," ujar @billlayma yang menduga sosok burung di belitan ular itu ada seekor elang remaja karena ukuran tubuhnya belum terlalu besar untuk disebut sebagai elang dewasa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/safari_wild7/

Yang lebih menegangkan, ular dan elang itu sempat terlibat dalam pertarungan yang sengit, di mana ular dalam video berusaha membelit elang, sedangkan di sisi lain sang elang tampak berusaha melepaskan diri dari belitan ular itu. Dengan segenap tenaga, akhirnya elang itu berhasil lepas dari belitan ular.

Namun karena tenaganya habis digunakan untuk melawan belitan ular, akhirnya elang itu pun lemas lunglai dan terjatuh dari pohon. Tak ketinggalan, suara teriakan histeris warga lokal masih terus mengiringi tragedi menegangkan itu bahkan sampai ketika elang itu terjatuh dan ular kehilangan mangsanya.

Kalau dilihat dari piramida makanan, seharusnya elang yang menjadi predator puncak alih-alih ular yang menduduki posisi itu. Namun, mengingat ukuran tubuh elang dalam video itu terbilang kecil dan mungkin masih berusia muda, maka ia sudah jelas kalah dari segi ukuran tubuh dibandingkan sosok ular yang membelitnya.

Sebagaimana terlihat, ular itu tampak begitu jumbo saat ia bergelantungan di atas pohon. Begitupun saat ia dibandingkan dengan elang yang hampir saja menjadi mangsanya. Tentu ular itu yang akan menang.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/safari_wild7/

Namun apabila kondisinya imbang, biasanya elang-lah yang akan keluar sebagai juaranya. Laman Kompas.com menyebut kalau elang biasanya akan mengintai ular dari kejauhan, lalu menukik ke bawah dan menyambar ular itu menggunakan cakarnya. Akhirnya serangan itu akan menyebabkan tengkorak ular hancur atau bahkan kepalanya terpenggal.

Seorang Quorawan bernama Hendra Wijaya juga mengungkapkan opininya soal elang yang menjadi predator puncak dan ‘seharusnya’ mampu membunuh ular. Menurutnya, alasan elang bisa menang melawan ular adalah cengkraman dari jari-jari kaki elang sangat kuat dengan kuku jari kaki yang sangat tajam. 

Lalu, saat elang menyerang ular, kedua jari kaki itu mencengkram tubuh ular sampai ular tak berdaya lagi. Selanjutnya, saat ular dibawa ke sarang elang, patukan paruh elang pada tubuh ular itu langsung membuat ular kehilangan daging dan akhirnya game over.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network