Pemuda Ini Cek Jenis Kelamin King Kobra, Caranya Sungguh Mengerikan

"Pemuda pecinta reptil ini membagikan video detik-detik menegangkan saat ia hendak mengecek jenis kelamin seekor king kobra yang beberapa waktu lalu ditangkapnya."

Viral | 28 June 2023, 01:21
Pemuda Ini Cek Jenis Kelamin King Kobra, Caranya Sungguh Mengerikan

TamanPendidikan.com - Pemuda pecinta reptil ini membagikan video detik-detik menegangkan saat ia hendak mengecek jenis kelamin seekor king kobra yang beberapa waktu lalu ditangkapnya. Melalui akun pribadinya di @Amar pd di facebook, ia bercerita bahwa ular itu ia evakuasi dari salah satu rumah warga.

Di tayangan video itu, ia memperlihatkan batangan besi yang punya fungsi khusus untuk cek jenis kelamin ular. Sampai di akhir video ia mempraktikkan pengecekan jenis kelamin king kobra itu dengan bantuan sebuah paralon.

King kobra emas dalam video terlihat begitu agresif dan garang saat sang pemuda berusaha mendekat. Bahkan king kobra itu langsung bersikap garang saat kandangnya dibuka. Terlihat dengan jelas kalau king kobra itu berniat menyerang. Namun dengan ketenangan, akhirnya pemuda itu sukses menggiring king kobra ke luar rumah dan dimulailah prosesi pengecekan jenis kelaminnya.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/watch/?v=586301983325588

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, pemuda dalam video memiliki cara kreatif untuk mengecek jenis kelamin king kobra itu. Ia terlihat menggunakan paralon sebagai media penjebak king kobra sehingga kepalanya terperangkap di dalam paralon dan tidak lagi mematuk-matuk orang. Lalu, di pertengahan video menuju akhir, pemuda itu mulai menggunakan alat pamungkasnya berupa besi khusus pengecek jenis kelamin king kobra. 

Mula-mula ia memasukkan besi itu ke dalam kloaka. Lalu, mengecek seberapa dalam besi khusus itu masuk. Nah, cara tersebut merupakan metode pengecekan jenis kelamin king kobra dengan cara probing.

Laman Kompasiana.com menyebut bahwa ada tiga cara untuk mengetahui atau mengecek jenis kelamin king kobra secara langsung, yakni dengan cara probing, cara popping, dan cara visual.

Cara probing merupakan metode yang dilakukan dengan bantuan alat probe (besi khusus seperti yang tampak dalam video). Alat probe yang sudah dilumasi dimasukan ke dalam kloaka sejajar tubuh dari arah ekor ke arah depan. Pada jantan alat probe masuk 10-12 baris sisik, sedangkan pada betina masuk 2-3 baris sisik. Jika alat probe yang masuk lebih dalam ke lubang, maka dapat dipastikan bahwa ular itu berjenis kelamin jantan, sedangkan alat probe yang hanya masuk sedikit saja, bisa dipastikan ular itu adalah betina. Dalam video, alat probe masuk cukup dalam sehingga dapat dipastikan kalau king kobra itu adalah ular jantan.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/watch/?v=586301983325588

Lalu yang kedua adalah cara popping, di mana metode yang dilakukan yaitu dengan menekuk pangkal ekor dekat kloaka, disertai penekanan kantung hemipenis dari arah ekor ke arah depan. Jika terlihat hemipenisnya berarti ular tersebut jantan, sedangkan jika hemipenisnya tidak terlihat maka ular tersebut adalah betina.

Selanjutnya yang terakhir adalah cara visual yang mana dilakukan dengan melihat ukuran ekor ular. Ular jantan memiliki ekor yang relatif lebih panjang dengan pangkal ekor besar. Sedangkan yang betina memiliki ekor yang relatif lebih pendek dengan pangkal ekor yang lebih kurus. Ular jantan memiliki tubuh yang lebih ramping dibandingkan dengan betina, sedangkan ular jantan terkesan lebih agresif dibandingkan dengan ular betina. Secara visual, ular dalam video memang berjenis kelamin jantan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa melakukan cara-cara tersebut dengan sembarangan, sebab pengecekan jenis kelamin sangatlah sensitif bagi para ular.

Ngecek klamin king kobra,, klu ga ad ke ahlian Kusus,, sm aj mau pulang ke Rahmatullah dengan cepat bg..😂”, ujar @Adi Rama di kolom komentar.

Itu jantan, dari kepala dan ekor sudah kelihatan kok dia jantan”, ungkap @Zhou Dino yang menilai kalau king kobra dalam video dari penampilannya saja sudah dapat diidentifikasi sebagai seekor king kobra jantan. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network