Penampakan Ngeri Aksi Kanibal Ular Makan Ular

"Seekor ular king kobra super jumbo menggondol ular kecil di mulutnya."

Viral | 07 July 2023, 23:23
Penampakan Ngeri Aksi Kanibal Ular Makan Ular

TamanPendidikan.com - Seekor ular king kobra super jumbo menggondol ular kecil di mulutnya. Ular king kobra tersebut menuju sarangnya untuk memangsa ular buruannya.

Video ular king kobra menggondol ular kecil ini diunggah oleh akun @d_shrestha10 di Instagram. Di alam liar, king kobra memang dikenal sebagai ular kanibal. Ia “doyan” memangsa sesamanya, pemakan ular yang bisa memangsa atau memakan ular lain, baik yang berbisa maupun tidak berbisa, baik yang sejenis maupun yang berlainan jenis.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/d_shrestha10/

Di video unggahan @d_shrestha10, tayangan bermula ketika sang perekam video menyorot sebuah parit kering yang di sampingnya menjulang sebuah dataran yang meninggi. Lalu, ada sesosok ular besar yang tiba-tiba melintas dengan terburu-buru. Saat diperhatikan lebih lanjut, rupanya itu adalah king kobra yang sedang membawa seekor ular kecil di mulutnya. Kemungkinan besar king kobra itu akan memboyong si ular kecil ke sarangnya untuk dimakan.

Kalau diperhatikan lagi, ular kecil itu nampak sudah sangat lemas dan tak berdaya. Kemungkinan, sang raja kobra sudah menyuntikkan bisa (racun) sembari mwnggondol ular kecil itu dengan gigitannya. Dengan demikian, nasib ular kecil yang malang itu hanya tinggal menunggu untuk dilahap oleh king kobra secara utuh saat  sampai di sarangnya.

Melihat rindangnya habitat ular king kobra dalam video, kemungkinan itu berada di tepi belantara hutan. Seperti yang disebutkan oleh laman Kompas.com, habitat alami seekor king kobra adalah di belantara hutan, rumpun bambu, rawa bakau, padang rumput dataran tinggi hingga sungai. Persebaran ular ini seperti India, China selatan, dan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/d_shrestha10/

Selain kanibal, ular king cobra juga memangsa jenis-jenis reptil seperti biawak, hama tikus, dan burung. Setelah memakan mangsa berukuran besar, ular ini dapat bertahan hidup tanpa makan selama beberapa bulan ke depan. Hal tersebut disebabkan karena king kobra memiliki metabolisme yang terbilang lambat.

Dalam berburu mangsa, seekor king kobra akan terlebih dulu menggigit dan menyuntikkan bisa ke dalam tubuh mangsanya. Hal itu bertujuan agar mangsa yang sudah tergigit tidak bisa melakukan perlawanan. Jika mangsanya sudah mati, baru setelah itu ular king cobra akan menelan mangsanya secara utuh.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network