Mancing Saat Hujan, Joran Angler Ini Disambar Petir

"Tak peduli hujan maupun petir, dua angler ini nekat memancing di kawasan terbuka di suatu sungai."

Viral | 14 July 2023, 06:49
Mancing Saat Hujan, Joran Angler Ini Disambar Petir

TamanPendidikan.com - Tak peduli hujan maupun petir, dua angler ini nekat memancing di kawasan terbuka di suatu sungai. Di situasi cuaca buruk tesebut, salah seorang angler alami celaka.

Video pemancing yang nekat mancing di cuaca buruk itu diunggah oleh akun @sukaiwak. Di tayangan video tesebut terekam momen menegangkan saat dua orang angler tengah memancing di tengah sungai dengan kondisi alam yang sedang mengamuk. Maksudnya, kondisi alam kala itu benar-benar tidak kondusif karena hujan turun dengan begitu deras ditambah dengan petir yang menyambar berulang kali.

Karena masih nekat memancing dengan kondisi alam yang seperti itu, salah seorang angler itu pun mendapatkan ganjarannya karena menjadi korban dari sambaran petir yang mengenai jorannya. Terlihat dengan jelas petir itu mengenai ujung joran lalu merambat ke tangan sang angler. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam tragedi tersebut.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/sukaiwak/

"Joran karbon itu emang bisa disambar petir", ujar @syarulramadhani_alqharimkoto's memberi tahu.

Meskipun sudah lengkap dengan mantel tebal yang menyelimuti tubuh kedua angler tersebut, warganet masih menyayangkan aksi nekat kedua angler itu karena memancing dalam kondisi hujan badai yang terbilang parah.

"Hujan gitu Mbok ya di rumah aja biar gak kena petir bang 😊", kata akun @regarsport_strikeup.

"Masih belum berpengetahuan dengan penggunaan piranti dan cuaca yg cocok😕", komentar akun @nharianto95.

"Dulu org tua sering ngingetin, kalau pas mancing terus hujan langsung pulang", imbuh @mu_sin29.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/sukaiwak/

Berkaitan dengan joran karbon yang berpotensi disambar petir, laman Pikiran-rakyat.com menyebut bahwa joran jenis ini sangatlah ringan saat digunakan untuk memancing tetapi sangat beresiko jika digunakan saat musim penghujan. Pasalnya, bahan karbon sangat rentan menghantarkan listrik. 

Bahkan banyak kasus pemancing tewas tersambar petir atau listrik saat memancing karena menggunakan joran jenis karbon ini. Biasanya, angler yang sudah paham akan jenis-jenis joran tentu tidak akan menggunakan joran karbon ini saat musim penghujan untuk menghindari kemungkinan sambaran petir. 

Secara umum, setiap joran yang terbuat dari material karbon pasti ditempeli stiker kecil berwarna kuning bergambar simbol listrik. Namun, sebenarnya stiker tersebut tidak hanya sebatas peringatan bahaya petir atau rawan digunakan saat hujan lebat. Lebih daripada itu, saat langit mendung atau berawan sekalipun, joran karbon punya resiko untuk digunakan. Sedikit saja awan positif dan negatif bersentuhan, energi listriknya bisa sampai pada joran yang sedang dipegang.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network