Penjual Nakal, Buah Semangka Ini Dicat Merah Agar Tampak Menggoda

"Seorang penjual nakal beraksi mengecat semangka yang sudah dibuang agar tampak menggoda lagi."

Viral | 17 July 2023, 16:39
Penjual Nakal, Buah Semangka Ini Dicat Merah Agar Tampak Menggoda

TamanPendidikan.com - Semangka merupakan salah satu buah yang digemari oleh banyak orang. Semangka yang memiliki daging buah merah cerah, segar, dan manis tentu hanya bisa diperoleh dari buah yang matang secara alami. Namun, sekarang ini banyak oknum nakal yang menjual semangka 'oplosan' karena buah yang sebenarnya belum masak disuntik atau dicat sedemikian rupa sehingga berubah menjadi semangka yang terlihat matang menggoda.

Teknik suntik kerap dilakukan oleh penjual semangka nakal yang umumnya menggunakan pewarna merah untuk disuntikkan sehingga dagingnya berubah warna seketika. Selain pewarna, ternyata ada juga yang menyuntikkan pemanis buatan untuk memberi rasa manis pada daging buah semangka.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CuU4MGsLCRP/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Berbicara kenakalan penjual semangka, baru-baru ini sebuah video singkat unggahan @akhbarsardasht sukses viral dan menjadi buah bibir warganet Instagram. Melalui videonya itu, warganet dapat menyaksikan sendiri bagaimana seorang penjual nakal beraksi mengecat semangka yang sudah dibuang agar tampak menggoda lagi. Penjual itu menggunakan pewarna merah yang disemprotkam dari dalam wadah kaleng spray.

Dalam sekejap, semangka yang dibuang itu kembali tampak menawan dengan warna merah yang menggoda. Usai melihat aksi nakal dari penjual tersebut, warganet langsung berbondong-bondong menyerbu kolom komentar.

"Betapa mudahnya mereka menghancurkan bisnisnya sendiri dengan menipu orang," kata akun @omid__hosain.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CuU4MGsLCRP/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

"Oh itu benar-benar mengkhianati pembeli," ujar @paiize.ziba98 yang ikut merasa kecewa dengan aksi nakal penjual tersebut.

Penjual semangka itu memang tidak berada di Indonesia karena menurut keterangan, video itu berasal dari Sardasht, Iran. Namun, kisah yang ditampilkan dapat menjadi pelajaran bagi masayarakat Indonesia saat memilih semangka.

Mudah ditebak kalau buah semangka yang dicat atau disuntik pewarna dan pemanis buatan tentu dapat membahayakan siapapun yang memakannya. Oleh karena itu, sebaiknya pembeli tahu ciri-ciri semangka yang matang alami agar tidak tergocek oleh semangka yang dicat ataupun disuntik dengan pewarna dan pemanis buatan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CuU4MGsLCRP/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Mengutip dari laman Grid.id, cara pertama untuk memilih buah semangka adalah dengan memperhatikan garis yang ada pada permukaan kulitnya. Semakin matang semangka tersebut, maka warna hijau yang ada pada permukaan kulitnya juga akan semakin tua. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan buah semangka yang matang dengan sempurna, pembeli dapat memilih buah semangka dengan warna kulit hijau tua dengan garis motif yang sangat terlihat.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CuU4MGsLCRP/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D

Cara lain untuk memilih buah semangka adalah mengetuk serta mendengarkan suara yang keluar dari ketukan tersebut. Jika pembeli mengetuk dan terdengar suara yang penuh dan berat, maka dapat disimpulkan kalau buah semangka itu sudah matang sempurna dan suara yang dihasilkan tersebut berasal dari daging buah semangka yang sudah mengandung banyak air. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network