Bertemu King Kobra Besar di Jalanan Kebun Sawit, Anjing Ini Pilih Kabur

"Berkeliaran di areal kebun sawit, seekor anjing liar dibuat ketakutan oleh ular King Kobra"

Viral | 22 July 2023, 06:07
Bertemu King Kobra Besar di Jalanan Kebun Sawit, Anjing Ini Pilih Kabur

TamanPendidikan.com - Berkeliaran di areal kebun sawit, seekor anjing liar dibuat ketakutan. Anjing ini didekati oleh seekor ular king kobra berukuran besar.

Anjing liar tersebut nampaknya tak ingin kehilangan nyawa berhadapan dengan ular berbisa mematikan tersebut. Anjing pun langsung kabur saat king kobra menegakkan sebagian tubuhnya dan melebarkan tudungnya.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/d_shrestha10/

Sebagaimana diinformasikan dalam laman Mongabay.com, king kobra betah hidup di perkebunan sawit karena adanya mangsa yang berlimpah. Hal itu diungkapkan oleh seorang ahli herpetologi LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bernama Amir Hamidy, bahwa salah satu penyebab banyaknya ular di area perkebunan sawit adalah karena keberadaan mangsanya.

Ular-ular di kebun sawit yang umumnya memakan tikus memang datang untuk mencari mangsa. Karena sawit mengundang tikus, kemudian tikus melimpah, sehingga banyak ular yang akhirnya betah dan menetap di sana.

“Pada prinsipnya, jenis ular seperti sanca, piton, kobra dan beberapa jenis lainnya itu mengikuti mangsanya. Di mana pun mangsanya berada, pasti mereka akan mendatanginya. Jadi, tidak mengherankan jika banyak ular ditemukan di sana,” jelas Amir.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/d_shrestha10/

Berhadapan dengan king kobra di perkebunan sawit, tentu kebanyakan hewan merasa takut kepada sosok ular berbisa itu. Sebagai salah satu sosok hewan yang menyandang predikat predator puncak, king kobra sering kali membuat hewan lain memiliki nyali yang ciut saat harus berpapasan dengannya. Salah satu bukti nyata kalau hewan lain takut kepada king kobra dapat disaksikan langsung dalam tayangan video singkat yang baru-baru ini diunggah oleh akun @d_shrestha10.

Di tayangan video itu, seekor anjing akhirnya memilih kabur dari hadapan seekor king kobra yang sudah siap menyerang.  Meski sempat terlibat adu tatap di tengah jalan yang memisahkan dua area perkebunan sawit, anjing liar memilih untuk kabur. Anjing itu terlihat berlari menjauhi king kobra hingga sosoknya tak terlihat. 

Saat anjing telah menjauh, King kobra itu pun putar badan lalu masuk ke semak-semak untuk kembali ke habitatnya. Saat sang perekam video memperbesar sorotan kamera (zoom) pun, sosok king kobra itu sudah tidak lagi terlihat. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network