Terseret Banjir, King Kobra Ini Masuk Permukiman Warga

"Seekor king kobra besar masuk ke dalam permukiman warga karena terbawa oleh arus banjir"

Viral | 28 July 2023, 02:09
Terseret Banjir, King Kobra Ini Masuk Permukiman Warga

TamanPendidikan.com - Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering melanda saat musim penghujan tiba. Jika debit air hujan jauh lebih besar dibandingkan resapan air,  maka kejadian banjir takkan terelakkan. Itulah yang terjadi di salah satu daerah di India saat musim penghujan menerjang daerah tersebut. Terlihat dalam video yang diunggah oleh PAHAD TV, sebuah permukiman warga tampak terendam banjir setinggi betis orang dewasa.

Meskipun tak terlalu tinggi, nyatanya banjir tersebut tetap membawa marabahaya bagi warga yang terdampak. Akibat banjir tersebut, seekor king kobra besar dilaporkan masuk ke dalam permukiman warga karena terbawa oleh arus banjir yang mengalir. Masuknya sang raja kobra ke permukiman jelas berpotensi membahayakan para warga. Beruntung ada seorang pria yang berani mengamankan ular tersebut sehingga kondisi wilayah tersebut kembali kondusif.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/778617717233651?mibextid=6AJuK9

“Seekor king kobra terlihat masuk ke pemukiman setelah hujan lebat di Kotdwar, yang videonya semakin viral di media sosial. Sebagai tambahan informasi, setelah hujan lebat biasanya memang berlangsung proses keluarnya ular yang hidup di dalam lubang bawah tanah ke permukiman”, tulis sang pengunggah video di kolom keterangan.

Sebenarnya, proses pengamanan king kobra itu tak secepat dan semudah yang dibayangkan. Sebab, king kobra dalam video itu sudah lebih dulu terombang-ambing terbawa arus banjir sebelum akhirnya tertangkap. Setelah sang perekam video menyadari keberadaan king kobra yang terlihat mendongakkan kepala dari dalam genangan banjir, ia pun langsung mengabadikan penemuannya itu untuk kemudian dilaporkan kepada pihak yang lebih berwenang menangani seekor king kobra besar, yakni seorang pawang ular.

Benar saja, saat banjir mulai surut, terlihat king kobra bersisik putih kehitaman itu sudah berhasil ditangkap oleh seorang pawang ular. Di tengah kerumunan orang-orang yang penasaran dengan proses penangkapan sang raja kobra, pawang itu pun kembali menurunkan sang ular ke tanah lalu melakukan atraksi penangkapan king kobra yang tadi dilakukannya. Tak mau ketinggalan, beberapa warga yang ikut berkerumun itu pun tampak mengabadikan momen menegangkan yang terjadi dengan kamera handphone masing-masing.

TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/778617717233651?mibextid=6AJuK9

Pada dasarnya penemuan king kobra di permukiman warga saat banjir itu bukan hal yang aneh, mengingat ular berbisa yang satu ini memang menyukai tempat tinggal seperti lubang-lubang tanah yang hangat dan lembap. Alhasil saat banjir melanda, tempat tinggalnya yang kebanyakan berada di dataran tinggi itu akan tergusur oleh aliran banjir hingga terbawa ke permukiman warga yang seringkali berada di daerah yang lebih rendah. 

Melansir dari laman Okezone.com, India adalah salah satu negara yang menjadi “rumah” alias habitat asli dari seekor king kobra. King kobra bahkan telah menjadi reptil nasional Negeri Bollywood itu. Salah satu tempat yang dilaporkan menjadi tempat hidup king kobra terbanyak di India adalah Hutan Hujan Agumbe, Shimoga, dan Karnataka. Konon, hutan Agumbe inilah yang menjadi surga bagi para king kobra di India. 

Selain Hutan Hujan Agumbe, ada banyak kobra yang ditemukan di Taman Nasional Periyar – Kerala, Taman Nasional Sundarbans – Benggala Barat, Taman Nasional Kaziranga – Assam, Suaka Margasatwa Srivilliputhur – Tamil Nadu, dan beberapa tempat lainnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network