Feature

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Bikin Semangat Menjalankan Ibadah Puasa

8 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Bikin Semangat Menjalankan Ibadah Puasa

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

TamanPendidikan.com - Ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang jarang diketahui. Bagi umat muslim, puasa bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Selain meningkatkan ketakwaan seorang muslin, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut 8 manfaat puasa bagi kesehatan yang telah dirangkum Taman Pendidikan dari berbagai sumber.

1. Manfaat puasa bagi kesehatan: Meningkatkan kontrol gula darah
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Puasa sangat bermanfaat bagi orang yang sedang menderita penyakit diabetes. Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan cara mengurangi resistensi insulin. Kondisi resistensi insulin ini menandakan bahwa tubuh tidak dapat merespon kerja insulin sebagaimana mestinya. Resistensi insulin merupakan salah satu faktor penyebab seseorang menderita diabetes.

2. Manfaat puasa bagi kesehatan: Mengurangi berat badan
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Puasa merupakan salah satu pilihan terbaik bagi seseorang yang mau menurunkan berat badan. Istilah populernya adalah diet. Orang yang sedang menjalankan ibadah puasa harus menahan diri tidak makan dan minum selama berjam-jam. Energi yang digunakan untuk melakukan aktivitas berasal dari glukosa yang tersimpan di dalam tubuh.

Jika penyimpanan glukosa habis, maka proses ketosis dimulai. Proses ketosis merupakan pemecahan lemak yang ada pada ginjal dan otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Pemecahan lemak ini akan menyebabkan penurunan berat badan karena banyaknya lemak yang terbuang selama menjalankan puasa.

3. Manfaat puasa bagi kesehatan: Mempercepat metabolisme
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sistem pencernaan yang lemah akan mempengaruhi metabolisme dalam tubuh. Dengan menjalankan puasa, sistem pencernaan dalam tubuh akan beristirahat. Dampak yang diperoleh setelah mengistirahatkan sistem pencernaan adalah sistem pencernaan akan berjalan lancar. Tubuh akan membakar kalori lebih efisien dan mendapatkan lebih banyak energi dari makanan yang dimakan.

Puasa dapat meningkatkan jumlah kadar neurotransmitter norepinefrin dalam aliran darah. neurotransmitter norepinefrin berkontribusi dalam meningkatkan metabolisme. Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam IV di Universitas Wina menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme hingga 14%.

4. Manfaat puasa bagi kesehatan: Meningkatkan fungsi otak
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Puasa tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh, namun juga baik untuk kesehatan otak. Puasa dapat meningkatkan fungsi otak dengan cara meningkatkan fungsi hormon otak yang dikenal sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Pelepasan BDNF akan mengaktifkan sel punca di dalam otak dan mengubahnya menjadi neuron.

Peningkatan produksi BDNF bertujuan untuk melindungi sel-sel otak dari degeneratif yang terkait dengan penyakit parkinson. BDNF juga berfungsi memicu pelepasan bahan kimia yang baik untuk kesehatan otak. Kadar BDNF yang rendah dapat mengakibatkan depresi dan masalah otak lainnya.

5. Manfaat puasa bagi kesehatan: Meningkatkan sistem imun
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Puasa dapat memicu regenerasi sel-sel di dalam tubuh, termasuk sel-sel yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Menjalankan puasa dapat memproduksi sel darah putih yang benar-benar baru dan memiliki kemampuan lebih kuat untuk melawan penyakit. Berpuasa dapat menyebabkan regenerasi seluruh sistem kekebalan dalam tubuh.

Selain itu, puasa juga dapat memicu pembakaran lemak dan pelepasan racun dari dalam tubuh. Pelepasan racun dari dalam tubuh ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

6. Manfaat puasa bagi kesehatan: Mencegah pembentukan sel kanker
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Berpuasa dapat membantu mengurangi terjadinya radikal bebas dalam tubuh, kerusakan sel, DNA dan protein tubuh.  Radikal bebas dan kerusakan-kerusakan tersebut sangat berkontribusi dalam pembentukan sel kanker.

7. Manfaat puasa bagi kesehatan: Memperbaiki kulit
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Ketika sedang menjalankan puasa, tubuh akan beristirahat dari pencernaan. Peristirahatan pencernaan ini akan memungkinkan tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energi untuk mengatur dan meningkatkan fungsi organ seperti hati, ginjal dan kulit. Puasa dapat membantu tubuh membuang racun yang berkontribusi terhadap kerusakan kulit.

Ketika seseorang menjalankan puasa, di dalam tubuhnya akan terjadi regenerasi sel-sel kulit. Sel-sel kulit yang sudah tua akan digantikan dengan sel-sel kulit muda, sehingga membuat tampilan kulit lebih baik. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab timbulnya jerawat.

8. Manfaat puasa bagi kesehatan: Baik untuk kesehatan jantung
TamanPendidikan.com

Foto: Pixabay

Berpuasa dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung. Puasa dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Orang yang menderita diabetes memiliki peningkatan risiko menderita penyakit kardiovaskular.

Selama berpuasa, tubuh juga membakar beberapa kolesterol LSD dalam tubuh untuk menyediakan bahan bakar. Ini bagus di dua sisi karena kolesterol LSD merupakan kontributor utama penurunan sensitivitas insulin dan diabetes, dan karena itu juga berkontribusi terhadap peningkatan tekanan darah, yang keduanya merupakan faktor risiko untuk pengembangan penyakit jantung.

Puasa juga membantu mengurangi beberapa faktor risiko lain yang terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung, termasuk kadar gula darah, penanda peradangan, dan trigliserida darah.

Manfaat puasa bagi kesehatan ini akan membuat kamu lebih semangat menjalankan ibadah puasa. Setelah mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, tidak ada lagi alasan yang membuat kamu malas berpuasa. Di samping mendapatkan pahala, tubuh kamu juga lebih fit dan jauh dari penyakit.




Scroll to Top