Unik, Ular King Kobra Akan Bunuh Ular Lain Jika Pasangannya Direbut

"Pasti Anda tidak tahu tentang fakta ini kan?"

Edukasi | 09 February 2023, 03:56
Unik, Ular King Kobra Akan Bunuh Ular Lain Jika Pasangannya Direbut

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra merupakan salah satu reptil yang ditakuti oleh hewan-hewan yang lain. Pasalnya, King Kobra juga memakan sesama ular, meskipun masih satu jenis.

Uniknya, salah satu pemicu datang dari masalah asmara. King Kobra tak segan-segan untuk memakan ular lain jika pasangannya direbut. Mungkin Anda tidak mengetahui fakta ini kan?

Pada bulan Januari 2018, tim peneliti ular dari Afrika Selatan melakukan penelitian di Gurun Kalahari, Afrika Selatan. Para peneliti itu ingin mencari cape cobra atau kobra kuning (Naja nivea) dan ular pohon berbisa boomslang (Dispholidus typus).

Dalam penelitiannya, mereka menemukan seekor ular Kobra Kuning yang tengah berkelahi dengan ular lain. Setelah mengamati selama 15 menit, para peneliti dibuat kaget ketika melihat ular Kobra tersebut memakan musuhnya tadi.

Menurut peneliti, ada beberapa hal yang membuat ular Kobra melakukan tindakan kanibalisme (memakan sesama ular), yaitu ketika pasangan atau makanannya diambil oleh ular yang lain.

Selain di atas, berikut beberapa fakta unik ular King Kobra yang bisa kalian ketahui:

1. Kemampuan Berdiri

Ular kobra dapat berdiri tegak dan membentuk huruf "S" untuk memperlihatkan diri dan memperingati musuh mereka. Ini adalah tindakan intimidasi yang sangat khas dari ular kobra saat merasa terancam.

2. Kemampuan Melarikan Diri

Selain agresif, ada kalanya ular kobra juga melarikan diri ketika merasa kuwalahan atau untuk menghindari lawan yang tidak sepadan.

Mereka memiliki kemampuan untuk melarikan diri dengan cepat dan efisien. Mereka dapat bergerak dengan kecepatan yang luar biasa dan menghilang dalam sekejap mata.

3. Kemampuan Berbicara

Di sini maksudnya adalah bahwa ular kobra dapat mengeluarkan suara yang sangat khas dan menakutkan, yang sering digunakan untuk menakut-nakuti musuh mereka.

4. Kemampuan Melumpuhkan Musuh

Jelas, ular kobra memiliki racun yang sangat mematikan, yang dapat melumpuhkan musuh mereka dalam hitungan detik. Ini membuat ular ini salah satu jenis ular paling berbahaya di dunia.

5. Ukuran Besar

Ular kobra dapat mencapai ukuran yang sangat besar dan menjadi salah satu jenis ular terbesar di dunia.

6. Masyarakat Ular

Maksud dari masyarakat ular adalah di mana beberapa spesies ular kobra membentuk masyarakat yang sangat kompleks. Jadi, mereka memiliki peran yang berbeda dan bekerja sama untuk mempertahankan lingkungan mereka.

7. Kemampuan Beradaptasi

Ular kobra memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dan menyesuaikan diri dengan baik dengan perubahan iklim atau lingkungan.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network