King Kobra Menari Karena Seruling, Mitos atau Fakta?

"Hayyo pasti kalian penasaran dengan hal ini."

Edukasi | 15 February 2023, 02:11
King Kobra Menari Karena Seruling, Mitos atau Fakta?

TamanPendidikan.com - Ular King Kobra terkenal karena kebiasaan mereka yang unik untuk menari atau bergoyang-goyang ketika mereka mendengar suara suling atau musik yang serupa. Fenomena ini disebut sebagai "dansa ular" atau "tarian ular."

Kita pasti sering melihat ular King Kobra menari yang diiringi oleh alunan suling entah itu dari televisi, media sosial, bahkan menonton secara langsung. Hal seperti ini biasanya terjadi di India.

Melihat itu, salah satu dari kalian mungkin penasaran apakah benar ular King Kobra akan menari jika mendengar bunyi suling.

Apa Iya Ular King Kobra Menari Karena Suling?
TamanPendidikan.com

YouTube

Ular King Kobra memiliki kemampuan pendengaran yang cukup baik, tetapi tidak dalam arti yang sama seperti pendengaran manusia. 

Mereka tidak memiliki telinga luar yang terlihat seperti manusia atau mamalia lainnya, namun mereka memiliki saluran pendengaran internal yang terletak di belakang mata mereka.

Dalam saluran pendengaran tersebut, terdapat tulang-tulang pendengaran yang dapat menangkap getaran suara dan mengirimkannya ke otak ular untuk diproses. Namun, ular King Kobra lebih mengandalkan indera penciuman dan penglihatannya.

Faktanya, ular ini tidak memiliki telinga eksternal. Sehingga, pendengaran ular dapat dikatakan buruk. Jadi, bisa dipastikan suara suling bukan penyebab ular menari, meski seruling ditiup serta digerakkan seseorang.

Ular King Kobra menggoyangkan kepalanya ke kiri dan ke kanan karena mereka mengikuti gerakan yang dilakukan oleh peniup seruling, yang juga menggerakan sulingnya.

Hal itu adalah sesuatu wajar. Bergeraknya kepala ular mengikuti pergerakan apa yang ada di hadapannya adalah sebagai bentuk reaksi. Hal itu juga sebagai bentuk kesiapsiagaannya karena menganggap yang dihadapannya sebagai ancaman. 

Sementara itu, sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa ular King Kobra yang menari ketika mendengar suara suling sebenarnya sedang mencoba menstabilkan posisi kepala mereka. 

Suara suling atau musik yang serupa dapat menimbulkan getaran di sekitar ular dan memengaruhi pusat keseimbangan mereka di otak. 

Dalam usaha untuk menjaga keseimbangan tubuhnya, ular King Kobra akan memutar-putar kepala mereka secara ritmis dan mengangkat badan mereka dari tanah. Maka, dapat disimpulkan bahwa ular King Kobra menari karena suling adalah mitos.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network