Bikin Geger Warga, Ini Penampakan Lele Truno Tanpa Badan

"Ini adalah penampakan lele truno, lele unik dan anggap raja ikan lele."

Viral | 18 February 2023, 04:29
Bikin Geger Warga, Ini Penampakan Lele Truno Tanpa Badan

TamanPendidikan.com - Lele truno adalah ikan yang hidup tanpa daging, yaitu hanya tulang dan kepalanya saja. Ikan lele ini dianggap orang Jawa sebagai makhluk makhluk gaib. Ikan ghaib ini dipercaya tinggal di batu-batu besar yang ada di kedhung, yakni sebuah cekungan sungai atau cekungan kolam sumber mata air artesis.

Kemunculan ikan lele ini sering membuat orang ketakutan. Jika ia marah, maka ia akan me'matil' (menyengat dengan sungutnya) orang yang mencari ikan tersebut sampai tewas. Selain itu, makhluk ini pernah dilihat warga memimpin migrasi jutaan ikan lele dari satu tempat ke tempat lainnya.

TamanPendidikan.com

ss youtube

Asal-usul kemunculan ikan ini ada yang menyebut berkaitan dengan folklor Sunan Kalijaga. Diceritakan Sunan Kalijaga dalam perjalanannya menuju Kerajaan Kajene, di daerah Kuningan, Jawa Barat. Beliau duduk hendak makan siang dengan membakar seekor lele yang barusan ia peroleh di pinggir “Kolam (Balong) Keramat Cigugur” (kini letaknya di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat) peninggalan Ki Gede Padara.

Selesai makan terdengarlah suara adzan dzuhur, Sunan Kalijaga kemudian membuang ikan lele yang tinggal kepala, tulang dan duri itu ke dalam kolam dengan bacaan “bismillahirohmanirrohim” untuk segera bergegas pergi shalat. Ajaibnya ikan lele itu hidup dan berenang ke sana kemari walaupun tinggal kepala dan tulangnya saja.

Para penduduk yang kebetulan berada di dekat situ merasa takjub melihat karomahSunan Kalijaga tersebut. Sunan Kalijaga berpesan barang siapa yang beruntung melihat ikan itu, InsyAllah akan mendapat kemuliaan hidup dan semua cita-citanya akan tercapai. 

Penampakan Truno Lele

Pada satu video yang bagikan oleh satu akun Channel YouTube Ranggo Aran, diperlihatkan seekor ikan lele yang cukup aneh sekaligus mengerikan.

Lele tersebut tampak hanya memiliki tulang tanpa daging dan kepalanya saja. Namun anehnya ikan lele tersebut masih dapat hidup dan berenang.

TamanPendidikan.com

ss youtube

Perekam video tersebut memberikan komentar, "lele unik guys."

Ia menambahkan, "kepala dan tidak berbadan. Masih bisa jalan (berenang), hehehe (tertawa)."

Ia menambahkan komentar lagi, "Wow keren, aneh tapi nyata. Pernah jadi legenda."

Salah satu warganet, Akun Muhammad Yahya memberikan komentar, "Saya bergelut dalam usaha pemancingan gala Tama 20tahun lebih jadi kalo lihat lele cuma duri bgt sudah sangat biasa.tapi sebenarnya lele itu masih terbungkus kulit dan sangat kurus penyebabnya karena dia makan umpan pancing yangasih ada kaitnya dan tali pancing putus dia nyangkut di usus atau lambung lele bertahun tahun jadi infeksi dan lele gak bisa makan normal.nah jadinya lele begitu kaya keris. Jadi jangan semua di kaitan dengan ghaib truno lele ya." 

Akun lainya atas nama subandi doank mengatakan, Ikan lele itu biasanya agresip. Kalo yg ini saya fak yakin kayak di tarik pakai tali."

Komentar lain juga ada dari regza nicstar, ia mengatakan, "dulu ada orang masukin lele di sumur pas dipancing badan kurus kek duri tapi masih hidup, lele kelaparan."


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network