Tutorial Ngarit Dengan Kalkulasi Matematis Ini Viral

"Seorang pria membagikan video tutorial menyabit rumput untuk pakan ternak dengan kalkulasi matematis"

Viral | 10 May 2023, 02:18
Tutorial Ngarit Dengan Kalkulasi Matematis Ini Viral

TamanPendidikan.com - Seorang pria membagikan video tutorial ngarit, menyabirt rumput untuk pakan ternak dengan kalkulasi matematis. Ngarit yang umumnya dipandang sebagai aktivitas yang sederhana jadi terkesan penuh kerumitan.

Video tutorial ngarit dengan kalkulasi matematis ini diunggah oleh akun @tombro_widodo di Instagram. Di awal video, terekam seseorang yang menjelaskan langkah-langkah yang perlu diperhatikan saat ngarit. Di tahap paling awal ia menekankan saat ngarit perlu diperhatikan skala kontur, kontur interval dan kemiringan lereng.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tombro_widodo/

Ia lalu mengurai tentang standarisai alat ngarit yakni sabit. Ia menyebut gagang sabit harus bisa menahan torsi 4Nm. Hal ini penting agar saat ngarit bisa mempertahankan gaya sentripetal. Ia juga menyebutkan sabit memiliki berat 400 gram dengan kecepatan 8m/s. Maka gerak kinetik sabit 12,8 joule.

"jarak gagang dengan tanah adalah 15 cm. Mengangkat rumput agar boyok tidak linu kecepatan sekitar 9,79 m/s2," terang pria tersebut membagikan tips ngarit yang sehat.

Ia pun lalu menjelaskan dengan kalkulasi matematis yang lain terkait mengangkat hasil rumput ngarit. Salah satu penjelasannya, untuk mengangkat beban 50 kg maka dibutuhkan energi 500 joule.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/tombro_widodo/

Ia juga sepintas dalam video singkat itu, pakan ternak yang baik untuk hewan ternak. Tutorial ngarit dengan kalkulasi matematis ini pun mendapat banyak sorotan dari warganet dan telah ditonton sebanyak 43 ribu kali tayangan.

"Alhamdulillah setelah nonton video ini ngaretku lebih cepat & efisien," komentar @azka_kafin.

"Orang ketika menggunakan teori fisika dalam kegiatan hari-harinya," ujar @ezi.hafezi.

"Ngaritmatika," komentar @04_frz.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network