Burung Ini Suapi Anak-anaknya dengan Ular

"Seekor induk burung suapi anaknya dengan ular"

Viral | 27 June 2023, 00:54
Burung Ini Suapi Anak-anaknya dengan Ular

TamanPendidikan.com - Seekor induk burung tengah menyuapi kedua anaknya yang masih bayi di sarang yang berbentuk bola pada rerumputan atau semak lebat. Induk burung itu menyuapi anak-anaknya dengan seekor ular.

Momen induk burung suapi anak-anaknya dengan ular ini diunggah oleh akun @hkentertainment0 di Instagram. Dalam video yang berdurasi singkat itu, terlihat induk burung menyuapi anaknya dengan seekor ular kecil yang sudah mati. Ular tersebut sudah dalam keadaan dipotong menjadi.

Induk burung suapi anaknya menggunakan paruhnya. Kedua anak burung itu pun memakan potongan daging ular itu dengan sangat lahap.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/hkentertainment0/

Umunya, di alam liar, ular merupakan salah satu predator burung. Namun dalam hal ini terjadi sebaliknya,ular yang justru dimangsa oleh burung.

Namun, kalau diperhatikan lebih lanjut, burung dalam video merupakan seekor burung bubut jawa. Seperti yang disebutkan oleh laman Kehutanan.sariagri.id, burung bubut di alam liar merupakan seekor karnivora yang senang memakan serangga seperti ulat bulu, capung (Anisoptera), jangkrik (Gryllidae), kumbang (Coleopatera), dan kupu-kupu (Rhopalocera).

Selain itu, mereka juga menggemari hewan kecil lainnya seperti siput (Gastropoda), lipan (Chilopoda), katak (Anura), anakan burung, tikus kecil (Rattus exulans) hingga ular kecil (Serpentes), persis seperti dalam video.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/hkentertainment0/

Secara fisik, tubuh burung bubut dewasa tergolong jumbo dengan bagian ekor yang panjang. Adapun panjang tubuhnya sendiri mencapai 52 cm. Hampir seluruh bulunya berwarna hitam tetapi di bagian sayapnya berwarna coklat oranye kemerahan. 

Bubut besar memiliki iris mata berwarna merah pekat dengan kaki dan paru berwarna hitam. Kebiasaan utamanya ialah hinggap di atas tanah atau pada semak-semak dan pohon. Bubut besar lebih menyukai vegetasi yang rapat. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network