Ikan di Sungai Merauke Sangat Melimpah, Mancing Pakai Kain Tanpa Upan Bisa Dapat

"Di kawasan salah satu sungai di merauke, seorang pria memancing ikan hanya bermodalkan kain."

Viral | 14 July 2023, 06:19
Ikan di Sungai Merauke Sangat Melimpah, Mancing Pakai Kain Tanpa Upan Bisa Dapat

TamanPendidikan.com - Di kawasan salah satu sungai di merauke, seorang pria memancing ikan hanya bermodalkan kain. Meski tanpa umpan, pria ini dengan mudah bisa dapat banyak ikan.

Video Pria mancing pakai kain tanpa umpan ini diunggah oleh akun @info_kejadian_merauke. Terlihat dalam video, pria yang bertelanjang dada itu hanya mencelupkan kaos berwarna oranye miliknya ke dalam sungai. Lalu, saat ia mengangkat kausnya, tampaklah beberapa ekor ikan menempel di kausnya seolah memberi tahu kalau mereka (para ikan) berhasil dipancing hanya dengan selembar kain tanpa menggunakan umpan.

"Toko pancing menangis melihat ini", tulis @salastheobaldus yang takjub dengan fenomena memancing tanpa joran dan umpan itu.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/info_kejadian_merauke/

"Selama tidak ada yg nyetrum ama meracun juga limbah pabrik pasti ikan melimpah", ungkap @owneresjojok menyinggung soal setrum dan limbah pabrik yang seringkali merusak ekosistem sungai hingga membuat banyak ikan mati.

Berdasarkan keterangan dalam video, momen memancing menggunakan kain tanpa umpan itu dilakukan di salah satu sungai di Merauke. Dari penuturan beberapa warganet di kolom komentar, sepertinya sungai dengan ikan melimpah yang menjadi tempat mancing itu adalah sungai Bian di Merauke.

"Duh jadi pingin ke alfasera lg… Sa percaya kali bian sarangnya ikan berlimpah", kata akun @phany183.

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, sebuah akun Facebook bernama Sawfish Indonesia menuturkan bahwasannya Sungai Bian merupakan salah satu sungai besar di Merauke yang bermuara langsung ke Laut Arafura. Bagi beberapa jenis spesies ikan, muara sungai menjadi tempat yang penting untuk fase hidup anakan sebelum akhirnya mereka pergi ke laut dangkal saat dewasa.

TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/info_kejadian_merauke/

Kalau dilihat-lihat, ikan yang berhasil dipancing hanya menggunakan kain tanpa umpan itu tentu bukan sembarang ikan. Beberapa warganet pun mengungkap kalau ikan yang bisa ditangkap dengan cara semudah itu adalah ikan baung.

"Ikan baung?", tanya akun @taufik1753 mengklarifikasi kebenaran dari ikan itu apakah memang ikan baung atau bukan. 

Mengutip dari laman Wikipedia.com, ikan baung merupakan nama ikan yang masih sekerabat dengan ikan lele (bangsa Siluriformes). Nama marganya, Hemibagrus, berasal dari kata bahasa Latin “hemi” yang berarti “setengah” atau “separuh”, dan bagrus, yang diambil dari kata “bagre” yang dalam bahasa Yunani berarti “sejenis ikan laut”.  

Sebagaimana diketahui, ikan baung ini hidup di air tawar dan banyak di temukan di daerah muara. Salah satu spot memancing ikan baung terbaik adalah di sungai yang dekat dengan laut. Tempat tersebut merupakan tempat tinggal favorit untuk ikan baung. Selain itu sungai yang pinggirannya banyak mengandung lumpur juga menjadi spot terbaik untuk memancing ikan baung. Lumpur sering digunakan untuk ikan baung bersembunyi atau pun berdiam diri ketika tidak mencari makan. 


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network