TamanPendidikan.com - Salah satu masalah yang terjadi pada septic tank adalah limbah di dalamnya penuh. Masalah septic tank penuh bisa diakibatkan oleh saluran air yang kurang baik. Idealnya, setiap septic tank memiliki saluran yang baik, entah menuju ke saluran air atau sumur resapan. Jika air tanah tinggi, limbah septic tank biasanya akan sulit disalurkan. Terlebih ketika musim hujan tiba, debit air di dalam tanah akan lebih tinggi sehingga daya serap limbah ke tanah berkurang. Untuk mengatasi masalah ini, septic tank perlu dipompa oleh perusahaan jasa sedot limbah.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu hotel di Bali. Karena septic tank penuh maka harus dilakukan penyedotan oleh perusahaan jasa sedot limbah. Namun ada hal tak terduga yang terjadi dan terekam oleh CCTV. Kemudian video tersebut diunggah oleh salah satu akun facebook @BaliChannel.

https://www.facebook.com/watch/?v=4750366245073633&ref=sharing

Pada video tersebut memperlihatkan tiga orang petugas berada di depan hotel. Satu orang petugas sedang mengebor tanah, satu petugas sedang menggali tanah, dan satu orang lagi berdiri di sebelah truk tanki septic tank bersiap untuk menyedot. Namun tiba-tiba hal tak terduga terjadi. Tanah yang sedang dibor itu menyemburkan air bak air mancur.

Petugas yang mengebor tanah pun berusaha menghindar dengan cara berlari, namun ia tetap kena semburan air limbah manusia yang terdapat di dalam septic tank tersebut. Teman-temannya pun berlarian berusaha menghindar dari air tersebut.

https://www.facebook.com/watch/?v=4750366245073633&ref=sharing

Video ini viral hingga saat ini sudah mencapai 842 ribu penonoton dan berbagai macam komentar tertuang di dalam video tersebut. Salah satunya menjelaskan mengapa air itu dapat muncrat.

"itulah penting nya lubang ventilasi pada setiap septic tank..krn stiap kotoran mengandung gas yg harus di salur kan melalaui lubang tsbt.jika tidak ada ya sperti ini kejadian nya..semangat buat bapak yg bekerja..pekerjaan yg mulia salud," tulis akun @Marniaty Banchin.

"Itu adanya tekanan gas yg terpendam akibat tidak adanya lubang untuk ventilasi septic tank,pekerja yg hebat , lebih mulia dari para pejabat berdasi yg korupsi," tulis akun @Sahid Sutanto.

https://www.facebook.com/watch/?v=4750366245073633&ref=sharing

"Bahkan ada yang memuji pekerjaan yang dilakukan oleh tiga orang petugas itu. "inilah sosok seorang kepala keluarga yg rela bekerja,demi mencukupi kebutuhan keluarganya meski harus berhadapan dengan yg namanya TAI.selamat pak atas baunya.semoga hari" bapak selalu senin dan tetap pada pendirian menggunakan parfum cap TAI..." tulis akun @Arghanata.