TamanPendidikan.com - Seorang dokter berkebangsaan Portugis bernama Vittor Serrão Margotto baru-baru ini membagikan sebuah kejadian unik sekaligus langka saat seorang wanita Melahap api.

Melalui akun pribadinya @vittormargotto, video yang ia rekam menyorot seorang wanita berambut biru yang sedang berdiri di depan sebuah bar sambil membuka mulutnya. Seseorang lalu menyodorkan selembar daun yang di atasnya terdapat kobaran api  ke depan mulut wanita itu. Tiba-tiba saja daun itu dimasukkan ke dalam mulut si wanita dengan cara dicekokkan.

Terlihat jelas kalau wanita itu merasa kaget dengan aksi pencekokkan daun berisi api itu. Namun, karena itu adalah permintaan dari si wanita sendiri, maka ia sudah siap dengan risiko yang dialaminya. Wanita dalam video pun sukses menjadi tontotan banyak orang karena aksi ekstremnya itu.

https://www.instagram.com/vittormargotto/

Meskipun tampak ngeri, di akhir video itu terlihat kalau si wanita tersenyum bangga usai berhasil memakan daun berapi tanpa memuntahkannya. Bahkan, wanita itu tidak mengeluh mulutnya terbakar.

Di kolom komentar banyak muncul pertanyaan soal mengapa api itu tidak membakar mulut si wanita? Hingga akhirnya, komentar itu pun dibalas oleh beberapa warganet di bawah ini.

Mungkin tampak konyol, tetapi itu sangat mungkin. Api bergantung pada oksigen untuk terbakar; jadi, saat kita menutup mulut, maka itu akan memutus oksigen di mulut kita sehingga apinya padam.. Ayah saya sudah membuktikannya dengan korek api”, ujar  @julia.4266 dalam bahasa Portugis yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Api padam secara otomatis, itu fisika dasar”, ungkap @jonas_olk yang berteori soal alasan dasar mengapa api yang dimakan oleh wanita dalam video tidak membakar mulutnya.

https://www.instagram.com/vittormargotto/

Setelah dilakukan penelusuran informasi lebih lanjut, rupanya daun berapi itu adalah makanan cuci mulut yang berasal dari Mumbai, India. Untuk cara makannya sendiri memang harus dengan api yang berkobar, persis seperti dalam video. 

Menurut laman Diadona.com, penduduk Mumbai, India menyebut kuliner itu dengan nama Burning Fire Paan. Paan sendiri merupakan menu cuci mulut khas India yang terbuat dari daun sirih dengan berbagai macam toping. Seperti berbagai jenis kelapa kering, buah-buahan kering, gula cair dan juga rempah-rempah.

Beberapa sumber menyebut kalau Paan ini sangat berkhasiat bagi kesehatan. Beberapa khasiatnya yaitu bisa mengurangi sakit kepala, meringankan radang, dan menghilangkan bau mulut. Paan berapi dilaporkan lebih manjur untuk menyembuhkan sawiawan. Lalu, meskipun Paan berapi ini terlihat berbahaya, tetapi sang penjual mengklaim bahwa sajian kuliner ekstrem ini aman untuk dikonsumsi.