Kisah ASN Pemkab Karawang Terpantau di Afrika hingga Samudera Hindia Ini Bikin Geger

"Ada ASN yang berdasarkan titik koordinat absesnsinya berada di Afrika, Maroko, Irlandia bahkan di Samudera Hindia."

Feature | 18 May 2021, 06:31
Kisah ASN Pemkab Karawang Terpantau di Afrika hingga Samudera Hindia Ini Bikin Geger

TamanPendidikan.com - Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh didampingi Asisten Administrasi Setda Kabupaten Karawang Samsuri dan Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Asep Aang Rahmatullah melakukan sidak ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang, Senin (17/5/2020) kemarin. 

Sidak tersebut dilakukan, menyusul data dari aplikasi Sistem Informasi Absensi Pegawai (SIAP) para Aparatur Sipil Negara di Disdik Karawang, tingkat kehadiran hanya 19 persen. Dalam sidak tersebut, diketahui banyak ASN yang tidak melakukan absen di aplikasi SIAP. 

Meski demikian, aktivitas di perkantoran Disdik tetap berjalan walaupun kehadiran ASN terbilang rendah. Wabup Aep mengatakan, para ASN yang tidak absen tersebut harus rela mendapat potongan Tambahan Penghasilan Pegawai sebesar 25 persen. 

"Kalau sanksi sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 84 tahun 2020. Sanksinya pemotongan sampai 25 persen," ujar Wabup seperti dikutip dari situs resmi Pemkab Karawang.

Wabup mengatakan, jika ASN sakit dan tidak bisa hadir, seharusnya menyertakan surat keterangan dari dokter. Untuk itu, Wabup berharap agar para ASN dapat meningkatkan kinerjanya. Sementara, Kepala BKPSDM Karawang, Asep Aang menyebutkan, secara keseluruhan absensi ASN di Karawang mencapai 88,49 persen dari jumlah total 10.500 ASN di Karawang. 

"Secara keseluruhan absensi mencapai 88,49 persen. Hanya 11,51 persen yang tidak melakukan absensi. Sementara, jika ada ASN yang kedapatan mudik, bakal diberi sanksi teguran sesuai PP Nomor PP 53 tahun 2010," tandasnya.

Sidak ini juga dilakukan menyusul ada beberapa ASN di Kabupaten Karawang yang terpantau berada di luar negeri saat libur Lebaran.

Sejumlah ASN di Pemerintah Kabupaten Karawang titiknya koordinat tidak wajar. Ada ASN yang berdasarkan titik koordinat absesnsinya berada di Afrika, Maroko, Irlandia bahkan di Samudera Hindia. Pengecekan keberadaan ASN tersebut didapati di aplikasi SIAP.

"Kok titiknya tidak wajar dan setelah divalidasi dan dikonfirmasi, yang bersangkutan ternyata ada di rumahnya," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang Asep Aang Rahmatullah.

Aang pun sempat dibuat kaget dengan temuan koordinat beberapa ASN yang berada jauh dari Karawang ini. Hal itu diketahui saat para ASN tersebut mengisi absensi melalui aplikasi SIAP.

Menurut Aang, salah satu ASN bernama Udin (58) misalnya yang bertugas di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang saat absen pada 14 Mei 2021 titik koordinatnya berada di Irlandia. Tidak hanya Udin, rupanya ada beberapa ASN yang titik koordinat absennya mengalami kejanggalan.

"Karena dinilai tak masuk akal, tim kemudian mengonfirmasi langsung kepada yang bersangkutan," kata Aang.

Aang menjelaskan, ada beberapa penyebab terjadinya kesalahan pada titik koordinat absensi ASN. Di antaranya yang bersangkutan kurang memahami teknologi dan terjadi eror pada aplikasi SIAP tersebut.

"Ada yang gagap teknologi karena aplikasinya belum di-upgrade, dan juga error pada aplikasinya saat melakukan absensi," tuturnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network