Laut Terpisah Dua Warna Ini Bikin Warganet Debat, Minyak atau Air Sungai

"Laut yang terpisah dua warna bikin warganet debat. Di satu sisi, ada yang meyakini laut terpisah dua warna itu karena fenomena alam alami. Sedang di sisi lain, ada yang berpendapat warna laut terpisah karena tumpahan minyak."

Viral | 03 December 2021, 01:30
Laut Terpisah Dua Warna Ini Bikin Warganet Debat, Minyak atau Air Sungai

TamanPendidikan.com - Fenomena air laut terpisah menjadi dua warna merupakan peristiwa biasa yang umum terjadi. Fenomena alam ini dikenal dengan nama halocline.

Air laut terbelah lantaran pertemuan dua jenis massa air yang densitasnya berbeda suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya sehingga tidak bisa menyatu. Fenomena ini terjadi misalnya, di Selat Gibraltar pertemuan antara air dari Laut Atlantik dan air dari Mediterania.

Video laut terpisah dua warga baru-baru ini diunggah oleh akun @nyamuk.langka di Instagram. Tayangan video tersebut membuat ramai warganet di jagad maya.

 TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CVgtvouBVav/

Di video tersebut, terekam kapal yang tengah melaju di lautan. Laut tersebut terpisah dua warna yakni hijau dan oranye. Kapal tersebut melaju membelah air laut yang terpisah dua warna tersebut.

Laut yang terpisah dua warna ini bikin warganet debat. Di satu sisi, ada yang meyakini laut terpisah dua warna itu karena fenomena alam alami. Sedang di sisi lain, ada yang berpendapat warna laut terpisah karena tumpahan minyak.

"Pertemuan air laut dan air sungai yg tak bercampur krn masa air berbeda, contoh spt minyak dan air tak bs bersatu," komentar @putri_ayoe_dhinie.

"Itu tumpahan minyak," tulis @aris_qiy.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network