Ini Fungsi Tudung pada Ular Kobra

"Tudung jadi ciri khas ular kobra yang tidak dimiliki oleh jenis ular lainnya. Tudung kobra memiliki fungsi khusus."

Viral | 10 January 2022, 04:45
Ini Fungsi Tudung pada Ular Kobra

TamanPendidikan.com - Tudung jadi ciri khas ular kobra yang tidak dimiliki oleh jenis ular lainnya. Tudung di kepala ular kobra tersusun oleh banyak tulang rusuk yang mampu memanjangkan kulit kendur di leher ke arah luar. ⁣

Akun @denpasar.viral di Instagram, membagikan informasi fungsi tudung pada ular kobra. Tudung dapat membuat kobra terlihat lebih besar dari yang sebenarnya. Tudung difungsikan oleh kobra untuk membuat takut pemangsa atau musuh.⁣

Acapkali kobra melebarkan tudungnya ketika merasa terganggu atau merasa sedang dalam bahaya. Di situasi terancam, kobra akan menegakkan bagian depan tubuhnya.

TamanPendidikan.com

https://wallpaperaccess.com/

Kobra juga akan melebarkan lehernya. Di saat ini, leher kobra tampak seperti tudung.⁣

Kobra adalah ular berbisa yang banyak ditemukan di wilayah Asia dan Afrika.  Ular kobra gigitannya dapat berakibat fatal. Sebagian besar spesies kobra memiliki bisa neurotoksin yang kuat, yang mampu melumpuhkan jaringan saraf, mengakibatkan paralisis, dan mungkin juga memiliki kandungan racun sitotoksin, yang menyebabkan pembengkakan dan kegagalan pembekuan darah (antikoagulan).

Beberapa jenis kobra memiliki kemampuan khusus, yaitu mampu menyemburkan bisa tepat ke arah mata pengganggunya. Jenis-jenis kobra yang memiliki kemampuan ini dikenal dengan sebutan Spitting cobra. Contohnya adalah ular-sendok sumatra (N. sumatrana) dan ular-sendok jawa (N. sputatrix), yang mampu menyemprotkan bisa melalui taringnya.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network