Main di Pantai, Pemuda Ini Kesakitan Saat Kakinya Tertusuk Duri di Ekor Ikan Pari

"Dalam video terlihat wisatawan asing yang kesakitan karena telapak kakinya tersengat duri ekor ikan pari. Dia memegang kakinya yang masih tertancap duri ekor ikan pari itu."

Viral | 31 March 2022, 03:17
Main di Pantai, Pemuda Ini Kesakitan Saat Kakinya Tertusuk Duri di Ekor Ikan Pari

TamanPendidikan.com - Berlibur ke pantai menjadi pilihan favorit banyak orang. Ternyata bermain air memang terbukti membuat hati bahagia serta membuat stres kita berkurang. Salah satu alasannya adalah melihat air yang biru dan lautan yang luas akan membuat kita ingat kembali betapa besarnya dunia ini dan kecilnya masalah yang kita hadapi.

Selain efeknya pada mental, berlibur ke pantai juga menyehatkan karena aktivitas berenang membakar banyak kalori, menyehatkan paru-paru, dan melatih semua otot-otot tubuh. Namun bermain air di pantai juga harus waspada dengan hewan berbahaya seperti ikan pari yang sering berada di dasar pasir pantai.

Jika manusia terkena racunya bisa panas dingin dan harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan. Tentunya hal ini bisa mengubah kesenangan menjadi bencana karena racun ikan pari. Adakah yang belum tahu seperti apa ikan pari? Mari kita berkenalan.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CbnOegelSR1/

Ikan pari adalah hewan laut yang berbentuk datar dan pipih. Siripnya lebar membentang sepanjang tubuh menyerupai sayap. Ikan ini juga memiliki tulang belakang yang tajam dengan tepi berduri dan bagian ekornya meruncing mirip cambuk. Nah jarum atau duri pada bagian tulang belakang dan ekor ikan pari ini diselubungi racun yang bisa menghasilkan sengatan kuat serta sangat menyakitkan.

Hal ini karena jarum tersebut mengandung enzim protase dan serotonin. Seperti diketahui serotonin menyebabkan
kontraksi parah dan nyeri sangat luar biasa pada system otot terutama otot polos.

Oleh karena itu kita harus berhati-hati saat bermain air di pantai. Sudah banyak kasus yang terjadi banyak wisatawan tersengat duri ekor ikan pari. Terutama pada bagian telapak kaki, karena biasanya wisatawan tidak sengaja menginjak ikan pari yang bersembunyi di dasar pasir pantai.

Seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @bigfishingteamandparceirosdepesca ini, terlihat wisatawan asing yang kesakitan karena telapak kakinya tersengat duri ekor ikan pari. Dia memegang kakinya yang masih tertancap duri ekor ikan pari itu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/CbnOegelSR1/

Ikan parinya pun masih berada di sebelah kakinya. Tidak diketahui bagaimana kelanjutan pertolongan atas kejadian itu. Namun terdengar teman-teman yang ada di sekelilingnya memberi arahan agar dia tetap tenang.

Dari video yang berdurasi 5 detik ini mengingatkan kita agar tetap berhatihati saat berlibur di pantai. Karena banyak sekali hewan laut yang memiliki racun dan dapat membahayakan manusia.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network