Para Tukang Kayu Makan Nasi Liwetan Bersama Pakai Petai Raksasa Ini Bikin Ngakak

"Salah seorang dari mereka kemudian mengeluarkan petai raksasa. Sontak semuanya bergelak tawa melihat petai berukuran besar yang tak biasanya itu."

Viral | 16 July 2022, 04:40
Para Tukang Kayu Makan Nasi Liwetan Bersama Pakai Petai Raksasa Ini Bikin Ngakak

TamanPendidikan.com - Petai atau pete merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan, anak-suku petai-petaian. Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut petai juga dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Petai yang bernama ilmiah Parkia speciosa juga terkenal di beberapa negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Laos. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya. Biji petai, yang berbau khas biasa dikonsumsi segar secara langsung maupun dijadikan campuran masakan.

Konsumsi petai secara rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab, petai mengandung gula, serat, vitamin. Selain itu, petai juga mengandung vitamin C, B1, B2, B3, dan E serta beberapa antioksidan, seperti flavonoid dan fenolik.

Namun jika berlebihan mengonsumsi buah yang mirip jengkol dan bau yang khas ini juga bisa mengakibatkan pusing pusing dan pegal. Petai yang sudah beredar di Indonesia sendiri bentuknya kepingan seperti jengkol namun kecil, buahnya menyalur anjan dan buahnya berwarna hijau.
TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/776943080347924

Namun dalam video yang diunggah oleh akun facebook Agoes Pedro Sutisna Jr, terlihat para tukang kayu makan nasi liwetan pakai petai berukuran raksasa.

"Cekap ku peteuy hiji ge,. 😁😁😂👍," tulisnya.

Dalam video tersebut terlihat nasi bersama lauk sudah siap di atas lembaran daun pohon pisang. Para tukang kayu nampaknya sudah siap siap untuk menyantap nasi liwet. Mereka duduk bersama sama mengitari nasi liwet yang sudah siap untuk disantap.

Para tukang kayu yang lainnya juga terlihat sedang makan sendiri-sendiri di atas tumpukan kayu yang berada di belakangnya. Salah seorang dari mereka kemudian mengeluarkan petai raksasa. Sontak semuanya bergelak tawa melihat petai berukuran besar yang tak biasanya itu.

Ia kemudian mengambil dua potong petai kemudian dibagikan ke temannya untuk dimakan bersama sama. Karena ukurannya yang super jumbo 1 potong petai rupanya sudah cukup untuk satu orang.
TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/776943080347924

Video kejadian langka tersebut kemungkinan terjadi di kawasan hutan daerah Jawa Barat, terlihat dari logat mereka saat bercakap cakap dengan bahasa sunda. Video tersebut hingga kini sudah disukai 21 ribu lebih dan mendapatkan ribuan komentar pula dari warganet. Banyak dari mereka yang kaget dan penasaran dengan ukuran petai raksasa ini.

"Muhun ieu th dongkap videona tinu grup .... Janten teu apal Palih mana ieu lokasi nu ker pada tuang," tulis dalam komentar akun Agoes Pedro Sutisna Jr., pengunggah video.
Jika diartikan mungkin maksudnya adalah, terima kasih berikut video lengkapnya ... Jadi jangan lupa untuk memilih di mana lokasi ini di luar ruangan saat makan.

"bneran kitu eta peuteuy, karak ningali aya nu sagede kitu," tanya akun Deddy M Arfansyah
(Benar itu petai, belum pernah lihat sebesar itu).

"Aing can ngwadang menta euy 😅 logat urg mana nya eta. Mun enya aya peuteuy sa ageung kitu waahh nuang sa siki ge puyeng na saminggu siga na 🤣," ujar akun Ateu Upii Sofian
(Saya bisa makan tanya saja aksen urg dimana. Kalau iya ada peuteuy besar jadi waahh... liat bijinya juga sudah puyeng apalagi seminggu gitu).
TamanPendidikan.com

https://www.facebook.com/reel/776943080347924

"Hanjakal teu bari d pesek...hyg ningal asli jerona," ujar akun Madinda (Sayangnya tidak dibuka... kepingin lihat aslinya di dalamnya.)

Tentu saja ini bukan petai yang bisa di makan. Tumbuhan ini memang memiliki kacang polong yang mirip petai tetapi ukurannya super jumnbo tetapi bukan untuk di makan.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network