Di-laundry, Sajadah Malah Jadi Menyusut Ini Viral dan Bikin Ngakak

"Video itu tersebut berhasil menuai berbagai komentar dari warganet. Sebagian warganet justru berbagi cerita kalau mereka pernah mengalami kejadian serupa."

Viral | 25 July 2022, 15:36
Di-laundry, Sajadah Malah Jadi Menyusut Ini Viral dan Bikin Ngakak

TamanPendidikan.com - Video TikTok unggahan akun @si.piscess2 ini bikin ngakak. Hal ini karena dalam unggahan, akun tersebut menampilkan sebuah sajadah yang menyusut setelah di-laundry.

Dalam video tampak seorang perempuan yang sedang membuka plastik laundry berisi mukena dan sajadah. Namun, usut punya usut ternyata sajadah yang semula lebar kini menjadi susut alias mengecil dari ukuran semula.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@si.piscess2/video/7122329357959302427?_t=8UE3t0XNjVq&_r=1

Video tersebut sudah dilihat ribuan kali oleh warganet. Video itu tersebut berhasil menuai berbagai komentar dari warganet. Sebagian warganet justru berbagi cerita kalau mereka pernah mengalami kejadian serupa.

"Maaf ngakak saya," komentar akun @yuyun.zulkarnain.

"Pernah kejadian juga, waktu ngelaundry baju. Eh bajunya menyusut jadi panjang sebelah," komentar akun @hehoheho.

"Sama banget punyaku tinggal sejengkal," komentar akun @ohdearbay.

"Baju seragam sekolah olga anak aku juga gitu menciut karena orang laundry-an pake tabung gas gitu mintanya 5 jam kering alhasil menciut," tulis akun @kalambuabini.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@si.piscess2/video/7122329357959302427?_t=8UE3t0XNjVq&_r=1

"Inilah kenapa laundry harus tau bahan pakaian apa yang bisa dimasukkan mesin dan tidak karena tidak semua jenis pakaian bisa dimasukkan ke dalam mesin," tulis akun @pahriadi210.

Biasanya, pakaian akan menyusut karena dicuci dengan cara yang tidak tepat, salah satunya menggunakan air bersuhu terlalu tinggi. Suhu tinggi nyatanya memang dapat membuat serat pakaian yang tadinya memanjang akibat berbagai proses kembali ke ukuran awalnya.

Ini artinya, serat-serat yang ada di pakaian kita akan kembali seperti sebelum ditarik, dipintal, atau ditenun. Hal inilah yang kemudian membuat pakaian jadi menyusut, karena serat material pakaian tidak lagi memanjang.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@si.piscess2/video/7122329357959302427?_t=8UE3t0XNjVq&_r=1

Agar ukuran pakaian tidak menyusut setelah dicuci, maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencucinya secara tepat. Selain itu, tidak mencuci dengan mesin cuci pada pakaian dengan bahan tertentu juga bisa mengurangi penyusutan pakaian. 

Proses pencucian yang dilakukan oleh mesin cuci ditambah dengan air panas akan menyebabkan pakaian lebih mudah menyusut. Setelah dicuci, pakaian juga sebaiknya dikeringkan secara alami dengan cara menjemurnya di tempat yang datar.

@si.piscess2 Ceritanya si @siberkah nge laundryin mukena dan sajadahnya . Nah pas udah selesai ngelaundry si sajadahnya jd menyunyut 🤣 ngakak liat sajadahnya jd kecil  #CaffinoBaristan #capcut #imaddictedto ♬ original sound  - Shaniamelia


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network