Viral

Panen Sarang Lebah dan Madu di Dalam Pohon Ini Viral

Panen Sarang Lebah dan Madu di Dalam Pohon Ini Viral

Saat batang pohon tersebut berhasil dibelah, ternyata di tengahnya penuh dengan sarang lebah yang berisi madu.

TamanPendidikan.com - Madu merupakan produk pangan yang dihasilkan oleh lebah. Lebah mengubah gula (sakarida) menjadi madu melalui proses pengunyahan berkali-kali sampai setengah tercerna. Proses ini tidak dilakukan sekaligus. Setelah dikunyah, sakarida masih dalam bentuk cair dan masih mengandung banyak air, maka proses selanjutnya adalah penguapan sebanyak mungkin air dan transformasi menggunakan suatu enzim.

Lebah membuat madu sebagai sumber makanannya. Pada musim dingin atau saat makanan langka, lebah mengambil madu sebagai sumber energi. Secara umum ada tiga jenis tipe lebah dalam satu sarang, yakni seekor lebah ratu, beberapa lebah jantan (untuk membuahi calon ratu baru), dan ribuan lebah betina pekerja. Lebah pekerja bertugas mengurus larva, mengumpulkan nektar yang akan dibuat menjadi madu, serta mencari nektar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CgOHqs3p9gY/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Sepanjang sejarah, madu telah dimanfaatkan manusia untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, baru beberapa waktu lalu antiseptik dan antibakteri yang berasal dari madu dapat dijelaskan secara ilmiah. Madu yang memiliki kandungan air rendah membuat air yang berada di dalam sel mikroba masuk ke dalam madu (efek osmotik) sehingga berakibat pada mengerutnya sel mikroba hingga mati.

Sebuah video unggahan @bee_bee_friend yang menampilkan proses pemanenan sarang lebah menjadi viral dalam media sosial Instagram. Video yang berhasil disaksikan lebih dari 4,4 juta kali itu pun mampu menarik perhatian warganet karena menampilkan seorang petani lebah yang sedang membelah batang pohon menggunakan kapak tajam. Saat batang pohon tersebut berhasil dibelah, ternyata di tengahnya penuh dengan sarang lebah yang berisi madu.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CgOHqs3p9gY/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Lokasi pengambilan video memang tidak disebutkan secara gamblang dalam postingan, tetapi setelah diamati lebih lanjut dalam kolom komentar, ternyata video tersebut berasal dari Amerika. Meskipun demikian, warganet Indonesia tak ketinggalan untuk turut mengomentari fenomena tersebut.

"Super sekali madunya, asli looI," komentar akun @koinalai.

"Madu lingseng itu kalo di tempatku," akun @hasyim6896 berkomentar.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/reel/CgOHqs3p9gY/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

"Kalau orang Jawa nyebutnya madu klanceng," komentar akun @xirenn09.

"Woy madu klancengnya banyak," tulis akun @asep_geboyjabon.




Scroll to Top