Ikan Nila Makan Jambu Biji yang Menjuntai ke Sungai Ini Viral

"Ikan nila memang dilaporkan sebagai pemakan segala (omnivora), pemakan plankton, sampai pemakan aneka tumbuhan sehingga ikan ini diperkirakan dapat dimanfaatkan untuk pengendali gulma air"

Viral | 21 August 2022, 04:08
Ikan Nila Makan Jambu Biji yang Menjuntai ke Sungai Ini Viral

TamanPendidikan.com - Nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang hidup di air tawar. Berdasarkan sejarahnya, ikan ini disebut berasal dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur. Meskipun demikian, kini ikan nila telah menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama bagi beberapa sungai dan danau di Indonesia.

Namun selain menjadi peliharaan, ikan ini juga dapat menjadi hama. Hal tersebut disebabkan karena ikan jenis ini termasuk salah satu 'spesies alien invasif' atau spesies yang dapat menjadi titik awal kerusakan keanekaragaman hayati di eksistem apabila jumlahnya di alam melebihi batas kewajaran.

Ikan nila akan menjadi hama di sungai dan danau karena ikan ini memakan banyak tumbuhan air dan menggantikan posisi ikan asli. Akan tetapi, ikan nila ini masih tetap ditebar di sungai-sungai dan danau Indonesia tanpa memperhatikan dampaknya.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chby8vwpoaB/

Ikan dengan nama latin Oreochromis niloticus ini merupakan ikan peliharaan yang berukuran sedang dengan panjang total (moncong hingga ujung ekor) mencapai sekitar 30 cm dan kadang ada yang lebih dan ada yang kurang dari itu. Sirip punggungnya memiliki 16-17 duri (tajam) dan 11-15 jari-jari (duri lunak) serta sirip dubur dengan 3 duri dan 8-11 jari-jari.

Tubuh ikan nila berwarna kehitaman atau keabuan, dengan beberapa pita gelap melintang (belang) yang semakin mengabur pada ikan dewasa. Ekor bergaris-garis tegak, 7-12 buah. Tenggorokan, sirip dada, sirip perut, sirip ekor dan ujung sirip punggung dengan warna merah atau kemerahan (atau kekuningan).

Ikan nila memang dilaporkan sebagai pemakan segala (omnivora), pemakan plankton, sampai pemakan aneka tumbuhan sehingga ikan ini diperkirakan dapat dimanfaatkan sebagai pengendali gulma air. Oleh karena itu, sebetulnya tidak aneh ketika seekor ikan nila ditemukan sedang memakan jambu biji yang menjuntai ke sungai. Namun, karena fenomena tersebut jarang terjadi, warganet Instagram pun menjadi heran dan ramai membicarakan video ikan nila yang diunggah oleh @gofishingindonesia tersebut.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chby8vwpoaB/

"Ada alasan kenapa ikan nila disebut alien invasif. Dia makan apapun! Pasti dihajar," komentar akun @ransoor.

"Nila kolam memang doyan semua min. Saya pernah mancing pake kulit jeruk strike nila kolam hahaha," tutur akun @ezardy.

"Baru tau kalo ikan doyan jambu juga, ngidam kayaknya," ujar akun @fikry_pecenk.

Salah seorang warganet juga menuturkan bahwa ikan nila bukan hanya memakan buah jambu, tetapi juga buah kelapa muda.
TamanPendidikan.com

https://www.instagram.com/p/Chby8vwpoaB/

"Ikan nila juga doyan daging kelapa muda," tulis akun @dari_wulandz.


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network