Dua Kobra Besar di Sawah Pemburu Tikus Ini Malah Membahayakan Petani

"Ular-ular yang berada di sawah dianggap menguntungkan karena sebagai pembasmi tikus. Namun bagaimana bila ular Kobra?"

Viral | 13 September 2022, 03:42
Dua Kobra Besar di Sawah Pemburu Tikus Ini Malah Membahayakan Petani

TamanPendidikan.com - Sebagai negara agraris, area persawahan adalah penghasil sekaligus penopang kebutuhan pangan masyarakatnya. Sawah merupakan salah satu ekosistem buatan manusia yang digunakan untuk menanam berbagai kebutuhan pokok, seperti padi, jagung, sayur, buah dan sebagainya.

Meskipun sawah termasuk ekosistem buatan, ekosistem ini kaya akan berbagai flora dan fauna. Salah satunya adalah ular yang hidup berdampingan bersama petani di persawahan.

Bagi petani sudah tak heran apabila menjumpai ular di sekitaran sawahnya. Ular-ular yang berada di sawah dianggap menguntungkan karena sebagai pembasmi tikus alami. Namun apa jadinya bila ular kobra yang berada di persawahan tersebut, bukannya menguntungkan melainkan membahayakan keselamatan petani.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@njmplafon/video/7116749324880612635?_r=1&_t=8VZHXrzREVm&is_from_webapp=v1&item_id=7116749324880612635

Seperti video yang diunggah oleh akun tiktok @njmplafon beberapa hari lalu. Terlihat dalam video itu suatu pemandangan persawahan yang sangat indah dengan tanaman padi yang hijau membentang sangat luas.

Saat seorang pria tengah mengabadikan pemandangan indah tersebut, hal tak terduga terlihat oleh pria tersebut. Rupanya di saluran irigasi yang kering dan terlihat bersih itu ada dua ekor ular kobra hitam atau kobra jawa yang tengah berjalan menyusuri selokan.

Sontak, sang pria pun kaget dengan kemunculan dua ekor ular berbisa itu. Lucunya, kedua ular kobra yang tengah asyik berjalan berduaan itu pun terkejut ketika menyadari ada sosok manusia di depannya. Kedua ular kobra itu pun langsung putar balik dan segera mencari tempat persembunyian di lubang-lubang samping selokan tersebut.

Para petani menganggap adanya ular di sawah menguntungkan bagi mereka karena ular berperan sebagai pembasmi tikus alami. Namun sejatinya keberadaan ular kobra ini sangat membahayakan petani karena ular kobra ini merupakan hewan teritorial dan tak pandang bulu terhadap siapa saja yang dianggap pengganggu maka akan diserangnya.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@njmplafon/video/7116749324880612635?_r=1&_t=8VZHXrzREVm&is_from_webapp=v1&item_id=7116749324880612635

Lain halnya dengan ular sawah yang tidak berbisa dan sering memakan tikus sawah seperti ular sapi, ular koros, ular bajing, ular banteng, ular bandotan macan, dsb. Video tersebut ternyata berhasil menarik perhatian netizen yang menyaksikannya. Tak sedikit netizen yang memberikan komentar dan tanggapan atas video tersebut.

"Lah ngusir tikus tp bahaya buat petani lur," tulis akun @traderjogja.

"Justru itu hama, ular cobra kanibal, makan ular lain. jarang makan tikus. yang makan tikus, namanya ular anak sapi kalo di daerah saya," balas akun @raidernyasidiq.

"pernah ketemu auto jantungan untung kagak di patok. lari ngibrit jantung kek mau copot," timpal akun @supriekoardiansyah.
TamanPendidikan.com

https://www.tiktok.com/@njmplafon/video/7116749324880612635?_r=1&_t=8VZHXrzREVm&is_from_webapp=v1&item_id=7116749324880612635

"ga berbahaya kok bg... digigit paling sodara jauh abang pd dateng yg merantau di kota.... itu kta tmn gw bisa nya buat obat amnesia yg susah tidur,", komentar akun @bikinresah.

@njmplafon Pembasmi tikus sawah #ularcobra #sawah #sawahpadi #hewan #fyp #flks ♬ Dance Montage One Million _ DJ Topeng Remix - DJ Topeng Official


Baca Berita yang lain di Google News


Story

Artikel Pilihan

Artikel Terpopuler


Daun Media Network